Jangan pernah menyerah, dan ingatlah bahwa Anda bisa mengatasi rintangan apa pun yang menghalangi Anda untuk mencoba hamil. Tetap tegakkan kepala dan terus melangkah, dan yakinilah bahwa semua akan berhasil pada akhirnya.

Menjadi hamil memang tidak selalu semudah yang kita kira. Banyak wanita, menderita berbagai macam masalah kesuburan, atau mengalami kesulitan dalam hal kehamilan.

Para ahli mengatakan bahwa : “Sebanyak 1 dari 6 pasangan memiliki masalah kesuburan ketika mencoba untuk hamil”. Ini adalah masalah yang sudah berlangsung lama , disimpan di dalam hati dan tidak pernah dibicarakan atau didiskusikan.

Namun, sekarang kita berada di era digital dan media sosial, selebriti dan orang biasa seperti kita telah menjadi lebih terbuka dan mau berbagi cerita tentang perjuangan mengatasi masalah kesuburan dan mengatasi masalah kemungkinan untuk hamil.

Teknologi benar-benar membuka jalur komunikasi dan membuatnya tampak jauh lebih “nyata” dan “normal” untuk mengalami masalah kesuburan.

Tidak ada lagi sesuatu yang harus merasa malu, atau dipermalukan, juga bukan sesuatu yang harus disimpan rapat-rapat di dalam hati, dan berpura-pura mengabaikan.

Zaman sekarang, anda bisa terbuka untuk menceritakan masalah anda keluar dengan orang lain, dan tidak masalah mencari pertolongan jika Anda merasa perlu.

Jika Anda sudah mengalami masalah kesuburan, atau jika Anda baru mulai mencoba untuk hamil, ada banyak hal di luar sana yang bisa membantu anda mengatasi masalah anda, membantu mengatasi masalah kesuburan, atau dukungan meningkatkan peluang hamil.

Banyak wanita tidak menyadari bahwa sebenarnya ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu meningkatkan kesuburan Anda. Hal ini sangat mungkin untuk menangani masalah Anda, dan sangat mungkin untuk meningkatkan kesuburan Anda.

Hanya karena Anda sedang berjuang dengan masalah kesuburan, tidak berarti Anda harus segera keluar dan mencari bantuan dari dokter atau spesialis kesuburan.

Saya juga berharap, mudah-mudahan mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi panduan bagi wanita yang sedang ingin hamil.

Jangan cepat menyerah, baca-baca juga artikel lain di luar blog ini yang bisa membantu mengatasi masalah kesuburan anda.

  1. Umur dan Kesuburan

Ada banyak hal yang bisa dilakukan wanita (dan laki-laki juga!) untuk memperbaiki atau meningkatkan kesuburan mereka.

Ada yang melakukan perubahan gaya hidup, obat-obatan dan melakukan perawatan untuk mengatasi masalah yang sedang dialami.

Namun, ada beberapa hal dalam hidup yang sebenarnya tidak bisa diubah atau dibantu. Umur dan kesuburan adalah salah satu dari hal-hal tersebut.

Banyak wanita tidak menyadari pengaruh besar umur terhadap kesuburan, umur adalah sesuatu yang tidak dapat diabaikan.

Banyak orang yang mengabaikan factor usia terhadap kesuburan. Anda dapat mengubah banyak hal untuk memperbaiki masalah kesuburan, tapi usia adalah hal biologi yang tidak bisa diubah.

Umur mempengaruhi tubuh biologis mahluk hidup, di mana kita terjebak di dalamnya. Kita tidak dapat mengubah umur atau mengakalinya.

Baca terus untuk artikel ini untuk mengetahui bagaimana kesuburan Anda berubah selama bertahun-tahun berdasarkan tahap kehidupan Anda.

Kesuburan di usia 20-an

Bukan rahasia lagi bahwa puncak kesuburan waita berda di usia 20-an. Wanita di akhir usia belasan dan di awal 20-an akan sangta mudah hamil, dan biasanya agak mengejutkan jika mendengar wanita dalam rentang usia ini memiliki masalah kesuburan.

Mengapa ? sederhana, wanita pada rentang usia ini memiliki sel telur yang masih segar.

Begini, ketika seorang wanita lahir, dia terlahir dengan sejumlah sel telur yang terbatas.

Sel telur ini adalah satu-satunya sel telur yang akan dia miliki sepanjang hidupnya. Setiap bulan sel telur ini akan matang dan jika tidak dibuahi, sel telur akan dikeluarkan dan persediaan sel telur perlahan berkurang.

Jam biologis wanita

Ini juga yang bisa disebut sebagai jam biologis wanita yang berdetik. Ada waktu tertentu dimana wanita secara fisik memasuki masa subur dan paling subur, jika masaitu telah lewat maka tidak ada perawatan kesuburan, suplemen atau mukjizat medis yang bisa membuat wanita menjadi subur dan hamil.

Ini adalah fakta.

Mau dengar hal yang gila tentang tubuh manusia? Tubuh manusia sebenarnya sangat kompleks dan sangat cerdas sehingga tahu sel telur mana yang terbaik.

Tubuh akan memilih dan menggunakan sel telur yang terbaik terlebih dahulu untuk dibuahi, untuk memastikan wanita bisa hamil, memiliki kehamilan yang sehat dan bayi yang sehat.

Inilah alasan mengapa wanita yang lebih muda memiliki resiko keguguran yang lebih rendah dan juga resiko yang lebih rendah untuk mengandung bayi dengan cacat lahir dibandingkan dengan wanita yang lebih tua.

Usia 20-an adalah waktu yang tepat bagi wanita untuk hamil, dan biasanya terjadi dengan cukup cepat dan mudah.

Namun, masalahnya adalah bahwa wanita berusia 20 tahun kadang-kadang berfokus untuk mewujudkan cita-cita mereka, seperti kuliah, membangun karir, atau mencari pasangan, dan mungkin mereka belum siap untuk memiliki bayi.

Kesuburan di usia 30-an

Wanita berusia 30-an adalah waktu yang relatif tenang dalam hal kesuburan. Awal 30-an adalah masa yang cukup mudah bagi kesuburan.

Kebanyakan wanita memiliki peluang yang sama besar untuk hamil di awal usia 30-an seperti pada usia 20-an. Namun, terkadang ada sedikit penurunan kesuburan sekitar waktu wanita berusia 30 tahun.

Pada usia 30-an seorang wanita, dia kemungkinan besar sudah siap untuk memiliki bayi. Ini mungkin karena wanita dengan usia 30-an sudah memiliki rumah, pasangan dan karir yang tetap , serta memiliki keuangan yang stabil dan teratur.

Dari semua tahapan kesuburan, usia 30-an adalah “prime time” bagi wanita untuk melahirkan.

Setelah usia 35 tahun, saat itulah masalah yang menyakut kesuburan mulai kelihatan.

Tubuh seorang wanita akan mengalami penurunan kesuburan yang cukup drastis di sekitar  ulang tahunnya yang ke 35. Pada saat ini, sel telur dengan kualitas “terbaik” dari usia remaja seorang wanita dan awal 20-an telah habis digunakan (dikeluarkan).

Wanita mungkin mulai mengalami masa sulit untuk hamil dan mungkin akan mengalami lebih banyak masalah kesuburan di sepanjang waktu.

Wanita yang hamil pada usia ini, mungkin juga mulai mengalami komplikasi kehamilan lebih banyak dan risiko keguguran yang lebih tinggi.

Kesuburan di usia 40-an

Seperti yang bisa Anda tebak, saat seorang wanita mulai mendekati usia 40-an, kesuburannya sekali lagi mengalami penurunan yang sangat dramatis. Pada titik ini dalam kehidupan seorang wanita, persediaan sel telurnya mungkin mulai agak rendah.

Sebenarnya, sekali seorang wanita mencapai usia 45, kemungkinan dia hamil dengan menggunakan sel telurnya sendiri, hampir tidak ada.

Telur yang ditinggalkan pada saat wanita berusia 40-an juga sudah tidak selalu berkualitas. Ini berarti bahwa risiko memiliki bayi dengan cacat lahir seperti Down Syndrome jauh lebih tinggi untuk wanita berusia 40 tahun.

Selain itu, wanita berusia 40 tahun lebih mungkin mengalami keguguran, karena sel telur yang tersisa cenderung memiliki kelainan dan masalah kromosom, yang menyebabkan keguguran spontan.

Wanita yang hamil di usia 40-an lebih cenderung memiliki kehamilan berisiko tinggi bersamaan dengan komplikasi kehamilan seperti hipertensi gestational atau diabetes gestational.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa wanita berusia 40-an tidak dapat hamil atau memiliki kehamilan yang sehat, namun anda harus ingat bahwa kemungkinan besar akan mengalami masalah saat Anda hamil di kemudian hari.

Jadi, jangan menunda-nunda untuk hamil di usia muda !

Ada banyak wanita di luar sana yang hamil secara alami di usia 40-an. Banyak dari mereka mendapatkan kehamilan sehat dan bayi sehat juga.

Namun, anda harus sadar bahwa ini tidak selalu terjadi pada semua wanita. Wanita yang mencoba hamil di usia 40-an perlu menyadari risikonya dan coba membayangkan dengan pikiran terbuka, dan juga pikiran yang terinformasi.

  1. Usia dan Kesuburan Pria

Banyak orang bertanya-tanya tentang hubungan usia dan kesuburan pria, apakah usia pada pria berpengaruh terhadap peluang hamil bagi waita.

Faktanya, banyak pria menjadi ayah pada usia yang sudah lanjut. Artis Hollywood Billy Joel, menyambut anak ketiganya pada usia 68. Larry King, Steve Martin, Robert Deniro semua menjadi ayah pada usia akhir 60an.

Namun, hanya karena seorang pria masih bisa subur di usia yang lebih tua, tidak berarti hal itu bisa terjadi dengan mudah atau tanpa masalah setiap saat.

Usia juga penting dalam hal kesuburan pria, meski mungkin pengaruhnya tidak sedratsis pada wanita.

Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan terhadap 2000 wanita,  menyimpulkan bahwa wanita dengan pasangan pria berusia di atas 45 membuthkan WAKTU LIMA KALI lebih lama untuk hamil daripada wanita yang memiliki pasangan berusia di bawah 35 tahun.

Anda tidak bisa mengabaikan bahwa usia dan kesuburan pria tidak penting. Usia benar-benar membuat perbedaan, dan penting bagi pria juga untuk memperhatikan hal ini.

Seiring bertambahnya usia, produksi testosterone pada tubuh pria mulai berkurang. Ini bisa berarti peningkatan masalah kesuburan, dan juga mengurangi peluang untuk menjadi seorang ayah, atau bisa jadi mengakibatkan masalah genetik karena kelainan sperma.

Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan :

  • Hubungan antara usia dan beberapa masalah genetik tertentu seperti Down Syndrome, dwarfisme, dan skizofrenia.
  • Seiring bertambahnya usia, pria masih terus memproduksi sperma, tapi itu tidak berarti sperma yang diproduksi selalu berkualitas tinggi.
  • Laki-laki yang lebih tua memiliki jumlah sperma yang lebih rendah, mereka juga memiliki lebih banyak masalah dengan motilitas sperma (kemampuan/cara sperma bergerak dalam tubuh), dan morfologi sperma (cara sperma terbentuk).
  • Motilitas sperma, atau kecepatan pergerakan sperma, dikatakan menjadi 37 % lebih lambat seiring bertambahnya usia pria.
  • Ini bisa berarti semakin sulit bagi sel sperma untuk berenang mencapai sel telur tepat pada waktunya.
  • Sel sperma dari pria yang lebih tua juga kadang-kadang salah arah, yang berarti sperma ini memiliki kesalahan genetik yang lebih tinggi.

Ini juga sesuatu yang perlu diingat saat Anda mencoba untuk hamil, dan Anda harus tahu bahwa jika pasangan Anda lebih tua, pasti selalu ada resiko mengalami kesulitan untuk hamil.

  1. Kenali Masa Subur Anda

Salah satu bagian terpenting dari usaha untuk hamil adalah mengetahui kapan masa subur Anda. Hanya ada beberapa hari setiap bulan dimana seorang wanita bisa hamil.

Ini dikenal sebagai “masa subur” nya. Saat sel telur dilepaskan dari indung telur, ia menyusuri tuba falopi untuk menunggu sel sperma membuahinya.

Namun, apa yang kebanyakan wanita tidak tahu adalah bahwa segera setelah sel telur dilepaskan, sel telur sebenarnya mulai mati.

Sel telur hanya bisa bertahan sekitar 24 jam (satu hari penuh) sejak dilepaskan sebelum mulai hancur.

Ini adalah fakta yang tidak disadari oleh orang banyak.

Ini artinya bahwa melakukan hubungan seks saat ovulasi adalah sangat penting. Periode 24 jam ini sebenarnya dan secara teknis merupakan satu-satunya masa selama siklus wanita sehingga secara fisik dia bisa hamil.

Kabar baiknya adalah sel sperma bisa hidup lebih lama dari pada sel telur. Sel sperma memiliki masa hidup sekitar 72 jam (atau tiga hari) sebelum mulai mati.

Karena rentang hidup sel sperma yang lebih lama, pasangan sebenarnya bisa merencanakan untuk berhubungan seks sebelum hari ovulasi dan karena itu sel sperma sudah siap dan menunggu saat sel telur dilepaskan.

Hal ini meningkatkan peluang untuk hamil karena sel sperma sudah bisa berada di sana saat sel telur dilepaskan, dan ini meningkatkan kemungkinan kehamilan terjadi.

  1. Tes Prediktor Ovulasi

Bagi wanita yang baru memulai mencoba hamil, tes prediktor ovulasi adalah cara terbaik untuk memulai. Alat ini mudah digunakan, cukup murah dan tidak memerlukan banyak kerja atau usaha.

Tes ini membantu seorang wanita untuk mengidentifikasi kapan masa suburnya. Cara kerja tes ini sangat mirip dengan cara tes kehamilan yang bisa dilakuakn di rumah.

Strip tes memakai urine wanita untuk melihat hasilnya. Setiap strip tes akan memiliki garis kontrol, yang merupakan garis yang memiliki warna dan kegelapan yang sama setiap kali tes dilakukan.

Baris kedua yang diuji di atasnya adalah garis uji. Garis ini akan bervariasi warna dan kegelapannya, tergantung seberapa dekat wanita dengan masa ovulasinya.

Bila garis uji gelap atau lebih gelap dari garis kontrol, itu menunjukkan bahwa tubuh wanita memiliki lonjakan LH (Lutenizing Hormone). Lonjakan hormon ini menunjukkan bahwa ovulasi harus terjadi dalam waktu sekitar 24 jam sejak tes ovulasi positif.

Alat Tes Prediktor Ovulasi adalah alat yang berharga bagi pasangan yang baru memulai usaha untuk hamil. Harganya murah dan biasanya banyak dijual diapotik.

Anda bisa memakainya setiap hari sampai Anda bisa memahami kapan ovulasi Anda seharusnya terjadi. Kemudian, setelah Anda tahu kapan ovulasi anda terjadi dalam beberapa bulan, Anda bisa mengurangi melakukan tes dan memprediksi kapan harus melakukan tes ovulasi lagi.

Ini adalah cara yang baik bagi wanita yang tidak mengetahui atau tidak dapat menentukan waktu ovulasi mereka.

  1. Aplikasi Kesuburan

Kita berada di era teknologi yang melaju pesat, jika anda pengguna smartphone seperti android dan iphone, maka anda bisa menemukan ribuan aplikasi untuk menentukan masa subur di market aplikasi (Apple Store atau Play Store)

Tapi, yang perlu diingat adalah bahwa aplikasi ini tidak selalu akurat. Mereka didasarkan pada statistik dan juga berdasarkan informasi yang Anda masukkan ke dalam aplikasi itu sendiri.

Jika Anda lupa memasukkan informasi, atau memasukkan informasi dengan tidak benar, aplikasi ini juga akan memberikan informasi yang salah.

Anda bahkan bisa mendapatkan aplikasi yang akan membantu Anda untuk mengandung anak laki-laki atau perempuan, berdasarkan jenis kelamin bayi yang ingin Anda coba.

Setelah Anda mendownload aplikasi kesuburan, Anda harus memasukkan beberapa informasi dasar. Biasanya, aplikasi akan menanyakan umur, dan terkadang tinggi dan berat badan Anda dan informasi penting lainnya.

Setelah itu, aplikasi kesuburan biasanya akan muncul dengan kalender. Dari sana, setiap hari, Anda akan memasukkan informasi harian di aplikasi Anda.

Informasi yang biasanya diminta adalah :

  • Kapan periode mesntruasi dimulai
  • Kapan preiode mesntruasi berakhir
  • Apakah Anda melakukan tes ovulasi positif atau tidak
  • Kapan saat Anda berhubungan seks
  • Informasi lain seperti gejala kehamilan atau PMS yang mungkin Anda miliki

Namun, aplikasi tidak akan bekerja jika Anda lupa memasukkan informasi. Juga, jika siklus menstruasi Anda super tidak teratur, aplikasi ini tidak dapat digunakan jika siklus menstruasi anda tidak teratur.

  1. Melacak Lendir Serviks

Lendir serviks adalah cairan yang biasanya disekresikan oleh vagina. Cairan ini benar-benar normal dan semua wanita memilikinya. Ini membantu melindungi dan membimbing sperma dalam perjalanan menuju sel telur.

Lendir serviks mengalami banyak perubahan sepanjang siklus usia wanita, dan mengalami beberapa perubahan yang berbeda.

Jika Anda ingin mulai memeriksa lendir serviks Anda sendiri, Anda dapat menggunakan dua jari untuk memeriksa serviks Anda dan melihat lendir leher rahim.

Bila lendir serviks terlihat seperti putih telur, artinya lengket, jernih dan melar, itu artinya  “lendir serviks yang subur”.

Itu berarti lendir serviks terbaik untuk membantu hamil. Lendir serviks “putih telur” ini membantu melapisi sperma dan membimbingnya ke sel telur, dan tidak membiarkan lingkungan asam vagina membunuh sel sperma.

Bila terlihat seperti putih telur, Anda sudah subur!

Penting juga dicatat bahwa ada beberapa wanita yang jarang, menghasilkan lendir serviks putih telur. Beberapa wanita menghasilkan lender serviks yang hampir selalu tebal dan lengket, berlawanan dengan tipis dan elastis.

Lendir serviks semacam ini sering disebut sebagai lendir serviks “hostile (bermusuhan)”, yang berarti dapat benar-benar melukai sel sperma dan membuatnya lebih sulit untuk mencapai sel telur untuk pembuahan.

Inilah sebabnya mengapa lendir serviks seperti putih telur sangat penting dalam hal pembuahan dan menghasilkan kehamilan yang sehat.

  1. Kartu Suhu Basal Tubuh

Suhu Tubuh Basal sangat penting untuk kesuburan dan mencoba untuk hamil. Kebanyakan orang tidak begitu mengerti suhu tubuh basal itu apa, jadi mari luangkan waktu sebentar untuk menjelaskannya.

Suhu tubuh basal adalah suhu sebenarnya dari tubuh saat istirahat, bahkan sebelum bangun tidur di pagi hari.

Untuk mengukur suhu tubuh basal, Anda memerlukan thermometer khusus basal tubuh, yang mengukur suhu sampai tingkat yang sangat rinci. Anda bisa mendapatkan termometer ini secara online atau di apotek setempat atau toko besar.

Download Gratis
BAGAN DIAGRAM SUHU BASAL TUBUH

DOWNLOAD

Setelah Anda memiliki termometer basal tubuh, dan kartu diagram untuk mencatat suhu Anda (sebagian besar termometer dilengkapi dengan kartu diagramnya sendiri, atau Anda bisa mencetaknya secara online) maka Anda siap untuk mulai memetakan suhu tubuh Anda.

Untuk mulai memetakan suhu basal tubuh, Anda perlu mulai mengambil suhu setiap hari, bahkan sebelum Anda bangun dari tempat tidur di pagi hari. Jadikan ini hal pertama yang Anda lakukan, sebelum pergi ke kamar mandi, makan, minum, atau bahkan seks di pagi hari!

Artinya, segera ukur suhu basal tubuh setelah Anda bangun.

Ini agar Anda bisa mendapatkan suhu tubuh yang akurat saat istirahat. Kemudian, setelah itu, catat suhu Anda di kartu diagram. Lakukan setiap haru.

Pada walnya memang repot dan sulit, tapi lama-lama akan menjadi mudah.

Setelah Anda melakukannya selama sekitar satu atau dua bulan, Anda akan mulai melihat pola pada suhu tubuh Anda.

Pada titik tertentu dalam siklus suhu tubuh, Anda akan melihat lonjakan kecil pada suhu Anda. Semakin lama Anda memetakan suhu Anda, semakin jelas lonjakan ini, dan Anda akan dapat melihat pola, kapan lonjakan itu terjadi setiap bulan sekali.

Misalnya, Anda mungkin mendapati bahwa lonjakan tersebut terjadi pada minggu kedua setiap bulan, atau sekitar tanggal 17.

Kapan pun Anda melihat lonjakan suhu terjadi, perhatikan tanggal itu. Lonjakan suhu tersebut mengindikasikan bahwa ovulasi biasanya akan terjadi dalam 24 jam ke depan.

Seperti yang dapat Anda lihat, kartu diagram suhu basal tubuh memerlukan waktu untuk membiasakan diri anda, dan terkadang bisa sedikit membingungkan, namun sebenarnya bisa menjadi cara yang bagus untuk melacak kapan masa subur Anda.

  1. Tanda Dari Tubuh untuk Ovulasi

Ada beberapa tanda dari tubuh yang biasanya muncul apabila anda mendekati waktu ovulasi. Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka memiliki beberapa tanda fisik pada atau di dekat tanggal ovulasi mereka.

Perhatikan tubuh Anda dan anda mungkin juga memiliki beberapa tanda ketika mendekati masa ovulasi ini.

  • Pendarahan ringan, perdarahan berwarna merah muda atau bercak bisa menjadi tanda ovulasi.
  • Beberapa wanita bisa merasa tidak nyaman ketika berovulasi. Ini bisa menjadi nyeri ringan di kedua sisi perut, di sekitar ovarium. Rasa sakit ini, yang disebut sebagai Mittelschmerz, sebenarnya berarti “rasa sakit tengah” dalam bahasa Jerman.
  • Wanita lain melaporkan memiliki kemampuan penciuman yang tinggi (sensitive) di dekat waktu ovulasi mereka.
  • Bagi beberapa wanita yang sangat jeli, nyeri payudara atau nyeri tekan bisa menjadi masalah di dekat masa subur mereka.
  • Yang lain melihat adanya peningkatan dorongan seks mereka, yang bisa menjadi cara alami untuk memberi tahu seorang wanita saat ini adalah untuk membuat bayi!
  • Jika Anda sudah mencatat lendir serviks atau merasakan perubahan serviks, biasanya Anda akan dapat menemukan gejala tersebut tepat sebelum waktu ovulasi juga.
  1. Diet dan Kesuburan

Saat Anda mencoba untuk hamil, makanan Anda adalah salah satu hal terpenting sekali. Diet memiliki efek yang sangat besar pada kesuburan, sulit untuk menjelaskan kenapa itu menjadi sangat penting.

Diet bisa mempengaruhi kesuburan dalam banyak hal. Bila Anda mencoba untuk hamil, Anda  harus mencoba makan makanan yang lebih sehat dan lebih bersih jika memungkinkan.

Ini berarti menghindari mengkonsumsi makanan “buruk”. Ini termasuk makanan cepat saji seperti keripik, permen dan biskuit. Makanan olahan ini dapat memiliki efek buruk pada kesuburan.

Juga menghindari makanan cepat saji dan makanan lain yang tidak baik untuk Anda. Soda dan makanan lain seperti ini benar-benar memiliki efek buruk pada kesuburan. Cobalah untuk mengurangi sebanyak mungkin makanan “buruk untuk Anda” agar memberi kesempatan terbaik bagi tubuh untuk hamil dengan cepat dan mudah.

Makanan sampah yang tidak sehat, buruk, dan olahan ini sebenarnya dapat memiliki efek negatif pada kesuburan dan dapat mempengaruhi hormon Anda, yang menyebabkan masalah pembuahan.

Saat Anda mencoba untuk hamil, penting untuk mencoba memperbaiki kebiasaan makan Anda. Buah dan sayuran tentu saja sangat penting. Berries, apel, pisang, sayuran hijau, paprika, hampir semua buah atau sayuran yang Anda sukai, makanlah!

Jika Anda bisa makan makanan organik, itu sangat penting juga. Produk susu sangat penting untuk kesuburan juga. Sebenarnya, beberapa ahli mengatakan bahwa mengonsumsi produk susu berlemak lebih baik untuk kesuburan daripada produk susu rendah lemak.

Artinya, produk susu organic yang berasal dari hewan sangat baik bagi kesuburan, produk susu pabrikan justru tidak cocok bagi tubuh.

Hindari burger, kentang goreng, dan soda untuk mendapatkan kesuburan yang optimal!

Daging merah juga penting, jadi pastikan untuk memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari Anda, terutama hal-hal seperti ikan dan ayam. Ketika menggunakan biji-bijian pastikan untuk menggunakan biji-bijian utuh seperti beras merah dalam makanan sehari-hari Anda.

Konsumsi banyak air juga penting, jadi pastikan untuk minum sebanyak mungkin.

  1. Diet Kesuburan

Kita sudah tahu bahwa diet sangat penting saat Anda mencoba untuk hamil, banyak sekali diluaran sana produk pabrikan seperti, madu, susu, makanan kotak dengan lebel “makanan kesuburan”, yang menjajikan anda bahwa anda dapat menjadi subur dan hamil jika memakainya.

Jika anda mencari di Google, anda akan mendapatkan banyak sekali tawaran “makanan  kesuburan” yang sudah dikemas dalam kotak dan biasanya dilengkapi dengan petunjuk pemakaian.

Jangan membeli ataupun mengkonsumsi makanan yang seperti itu !.

Makanlah makanan sehat dan alami, yang diproses secara alami, tidak dibungkus dalam kotak atau dimasukkan dalam botol yang memiliki masa expired. Makanan seperti tiu tidak ada gunanya bagi kesuburan anda.

Anda bisa subur meskipun hanya memakan makanan biasa, namun makanan alami dan diproses dengan cara alami.

  1. Olahraga dan Kesuburan

Olahraga merupakan aspek penting dalam kesuburan yang tidak disadari banyak orang. Tentu saja, kita semua menyadari bahwa olahraga itu penting, namun banyak orang mengabaikan dan berpikir bahwa pengaruhnya tidaklah terlalu besar terhadap kesuburan.

Olahraga adalah cara yang bagus untuk membuang racun dalam tubuh Anda, dan seperti yang Anda bayangkan, menyimpan racun di tubuh Anda adalah hal yang sangat buruk dan bisa mencegah kehamilan dan menurunkan kesuburan.

Olahraga juga merupakan peredam stres yang hebat, ini  jelas membantu kesuburan. Tidak harus olah raga berat, olah raga ringan pun sudah sangat bermanfaat bagi kesuburan anda.

Cobalah untuk berjalan kaki setelah sarapan pagi, atau ikuti kelas olah raga dengan seorang teman.

Yoga dan renang keduanya adalah oalharaga ringan yang sangat bagus untuk pemula.

Anda bisa mencoba menerapkan yoga untuk kesuburan pada panduan “Yoga for Fertility yang disusun oleh pakar kesuburan Hethir Rodriguez di sini.
  1. Pengobatan Alternatif Untuk Kesuburan

Ada beberapa pengobatan alternative untuk membantu kesuburan. Misalnya, pijat kesuburan adalah industri yang berkembang yang diyakini banyak wanita sangat membantu dalam meningkatkan kesuburan dan membuat pembuahan lebih mungkin terjadi.

Pijat kesuburan dikatakan membantu menghilangkan racun dan penyumbatan dari tubuh, dan juga dikatakan membantu memecah “penyumbatan” di tubuh yang bisa menurunkan kesuburan.

Anda bisa menerapkan pijat kesuburan pribadi untuk membantu kesuburan anda dengan menonton video panduan “Self Fertility Massage” yang disusun oleh pakar kesuburan Hethir Rodriguez di sini.

Plus, kita sudah tahu bahwa pijat bisa membantu mengurangi tingkat stres, yang bisa juga dapat menurunkan kesuburan. Siapa sih yang tidak suka pijatan yang enak ?

Pengobatan alternatif lain yang sangat populer menyangkut kesuburan adalah akupunktur. Akupunktur sangat umum dalam perawatan kesuburan, dan banyak ahli akupunktur bahkan memiliki rencana perawatan khusus atau paket untuk wanita yang ingin hamil.

Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa pasangan yang sedang menjalani IVF dan juga melakukan akupunktur meningkatkan peluang hamil 65% !!

Ini bukan hanya untuk para wanita: akupunktur juga terbukti memiliki efek positif pada kesuburan pria juga!

  1. Menghilangkan Kebiasaan Buruk Untuk Kesuburan

Ada banyak kebiasaan buruk yang bisa menurunkan kesuburana seseorang, bahkan bisa berefek buruk bagi kehamilan. Namun, salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan pasangan untuk kesuburan adalah menyingkirkan kebiasaan buruk yang mungkin mereka lakukan.

Merokok, meski dilakukan bersama teman-teman atau sesekali, benar-benar dapat memiliki efek negatif pada kesuburan.

Minum alkohol juga bisa memiliki efek negatif pada kesuburan dan peluang untuk dapat hamil. Penting juga untuk dicatat bahwa jika seorang wanita minum alkohol dalam jumlah berlebihan saat dia hamil (walaupun dia belum tahu bahwa dia hamil), dia benar-benar dapat membahayakan kehamilannya, dan bayinya bahkan memiliki peluang menderita sindrom alkohol janin.

Menggunakan obat-obatan terlarang juga adalah masalah besar dalam kesuburan dan jenis barang semacam itu akan menjadi penghalang untuk hamil.

Tidak hanya minuman, merokok dan penggunaan narkoba merusak peluang wanita untuk hamil, kebiasaan ini juga akan memberikan dampak sangat mengerikan bagi bayi yang belum lahir jika ternyata anda hamil.

Jadi, sangat penting menghentikan hal-hal ini sebelum hamil.

  1. Posisi Seks Terbaik untuk Hamil

Pertanyaan paling sering dan paling banyak ketika seseorang ingin hamil adalah posisi seks mana yang terbaik agar cepat hamil ?. Kebenaran dari masalah ini adalah, posisi sebenarnya tidak begitu penting.

Selama Anda bisa melakukan hubungan seks dengan normal, maka posisi tidak menjadi masalah.

Namun, jika Anda ingin meningkatkan peluang hamil yang lebih besar, Anda bisa mencoba menggunakan posisi yang memungkinkan penetrasi yang sangat dalam.

Beberapa posisi terbaik untuk penetrasi dalam adalah posisi “dari belakang” atau “doggystyle”.

Posisi wanita di atas juga bagus untuk penetrasi yang dalam karena wanita tersebut bisa mengendalikan aksinya.

Tapi pada posisi ini, gaya gravitasi bisa mengakibatkan sperma tumpah keluar, jadi anda bisa langsung mengubah posisi agar sperma bisa tersimpan di dalam rahim wanita ketika orgasme terjadi.

Posisi misionaris juga salah satu posisi yang bisa membantu menyimpan sel sperma di dalam rahim wanita.

  1. Orgasme dan Kesuburan

Banyak ahli percaya bahwa wanita yang orgasme saat berhubungan seks lebih cenderung cepat hamil.

Ini karena teori “upsuck”.

Teori ini menyatakan bahwa selama orgasme terjadi, kontraksi rahim akan membantu “menyedot” sperma masuk ke dalam rahim, oleh karena itu dapat membantu perjalanan sel sperma menuju rahim menjadi lebih mudah dan membantu peluang terjadinya kehamilan.

Tentu saja, ini berarti pria dan wanita perlu merasakan orgasme dalam waktu yang bersamaan agar teori ini bisa terlaksana dengan sempurna.

Penting untuk diingat juga bahwa teori upsuck hanyalah sebuah teori dan bukan merupakan jaminan pasti bahwa orgasem dapat membantu terjadinya kehamilan.

Namun, orgasme saat bercinta adalah ide yang bagus juga, jadi tetap rileks dan lakukan saja hubungan seks anda dengan nyaman.

  1. Berbaring Setelah Berhubungan Seks

Sudah sangat umum diketahui bahwa banyak orang menganjurkan untuk berbaring setelah berhubungan seks untuk membantu sel sperma berenang mencapai sel telur dengan mudah dan cepat.

Pendapat seperti ini belum terbukti. Namun, jika anda ingin berbaring beberapa menit setelah berhubungan seks, itu sangat bagus untuk mengistirahatkan tubuh.

Atau anda bisa meletakkan bantal di bawah pinggul, dan berbaring dalam posisi stabil selama 15 menit. Tidak ada salahnya! Dan itu mungkin membuat Anda hamil!

Logika dibalik pendapat ini adalah bahwa berbaring selama beberapa menit setelah hubungan seks akan membantu sel sperma sampai ke sel telur. Ini pada dasarnya mencoba mencegah sel sperma tumpah keluar.

Jadi, jika Anda berbaring selama beberapa menit setelah berhubungan seks, maka Anda cukup mengambil posisi agar gravitasi tidak menyebabkan sel sperma keluar dari dalam rahim.

Ini juga tidak terbukti berhasil, tapi sebenarnya sangat masuk akal. Jadi, jika Anda ingin mencobanya, lakukan saja !

Mungki anda membaca trik ini di internet atau forum, atau bahkan anda membaca seorang wanita melakukan hand stand (berdiri terbalik dengan posisi kepala di bawah dan kaki ke atas) setelah berhubungan seks.

  1. Vitamin dan Kesuburan

Salah satu hal terpenting dan terbaik yang bisa dilakukan wanita untuk meningkatkan kesuburannya adalah memastikan vitamin prenatal berkualitas baik setiap hari.

Kebanyakan orang mengkonsumsi vitamin prenatal setelah mengetahui mereka hamil. Namun, sebenarnya bisa sangat bermanfaat bagi wanita untuk mengkonsumsi vitamin prenatal ketika mereka mencoba untuk hamil.

Dengan pola makan modern seperti sekrang ini, kita (wanita dan pria) dipastika kekurangan nutrisi. Kita, secara keseluruhan, biasanya tidak makan sebaik yang seharusnya, dan ini bisa menyebabkan masalah gizi.

Menggunakan vitamin prenatal setiap hari dapat membantu mengatasi masalah gizi tersebut dengan memastikan wanita mendapatkan vitamin dan nutrisi yang dia butuhkan.

Hal ini dapat membantu menyeimbangkan tubuh dan membantu wanita agar sebisa mungkin sehat. Ini benar-benar ide bagus untuk mulai mengkonsumsi vitamin prenatal sebelum mencoba hamil.

  1. Asam Folat untuk Kesuburan

Asam folat adalah salah satu nutrisi terpenting bagi kesuburan. Asam folat, yang juga merupakan bentuk Vitamin B, sangat membantu dalam mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida dan masalah lainnya.

Neural Tube Defects adalah cacat otak, tulang belakang dan sumsum tulang belakang. Masalah terbesar dengan cacat tabung saraf adalah bahwa biasanya terjadi pada bulan pertama kehamilan, bahkan sebelum seorang wanita  tahu bahwa dia hamil.

Oleh karena itu, hampir tidak mungkin untuk mencegah masalah ini kecuali jika seorang wanita sudah mengkonsumsi suplemen asam folat. Inilah sebabnya mengapa dokter dan ahli lainnya merekomendasikan agar wanita yang ingin hamil mengkonsumsi setidaknya 400 mcg asam folat sebelum mencoba hamil.

Ada penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen asam folat setidaknya satu bulan sebelum hamil dapat mengurangi risiko memiliki bayi dengan cacat tabung saraf hingga 70 %.

Ini adalah jumlah yang besar dan benar-benar menunjukkan bahwa asam folat sangat penting saat mencoba hamil.

Begitu seorang wanita hamil, dosis asam folat yang dianjurkan melonjak hingga antara 600 dan 800 mcg per hari. Anda bisa mendapatkan suplemen asam folat yang sudah digabungkan dengan vitamin prenatal Anda, atau Anda bisa mengkonsumsiny terpisah.

Hal lain yang hebat tentang asam folat adalah vitamin ini bisa larut dalam air, jadi jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak, tubuh dapat membuangnya melalui cairan tubuh.

  1. Seng untuk Kesuburan

Salah satu mineral terpenting dalam hal kesuburan adalah seng. Tidak hanya nutrisi penting untuk kesuburan wanita, tapi juga sangat penting untuk kesuburan pria juga!

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa 85% wanita hamil sebenarnya kekurangan zat seng, artinya ini adalah mineral yang sangat penting.

Bagi wanita, seng sangat membantu mengatur hormon dan menghasilkan sel telur yang sehat. Seng juga sangat membantu mempertahankan tingkat cairan folikel yang tepat, yang memastikan bahwa sel telur dapat melakukan perjalanan menyusuri tuba falopi dengan aman.

Ada beberapa sumber makanan seng yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan kadar mineral yang tepat. Beberapa makanan yang paling tinggi di seng termasuk daging sapi, domba, betis, tiram, yogurt, kalkun, kacang polong dan udang.

Jika Anda merasa belum mendapatkan cukup seng, ada suplemen seng yang tersedia, atau Anda pasti bisa mendapatkan vitamin prenatal yang mengandung jumlah zinc yang sesuai.

  1. Tips Kesuburan Bagi Pria

Tips kesuburan tidak hanya untuk para wanita. Ada banyak hal yang bisa dilakukan pria juga untuk membantu memastikan bahwa mereka juga memiliki kesuburan yang maksimal

Masalah infertilitas dan kesuburan sering dianggap sebagai masalah wanita, namun kenyataannya adalah bahwa sampai 30 % dari semua masalah kesuburan sebenarnya adalah hasil dari masalah kesuburan pria, dan 30 % dari semua masalah kesuburan lainnya adalah hasil kombinasi antara pria dan masalah kesuburan lainnya.

Jadi, seperti yang Anda lihat, sebenarnya sangat penting bagi pria untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kesuburan mereka juga.

Kesuburan di usia 40-an

Satu hal yang sangat penting yang bisa dilakukan pria untuk meningkatkan kesuburan adalah dengan mengkonsumsi vitamin harian setiap hari.

Ini akan membantu mengisi setiap kesenjangan nutrisi yang mungkin ada dan akan membantu memastikan bahwa pria Anda mendapatkan semua vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menghasilkan sel sperma yang sehat.

Seng adalah contoh satu mineral yang sangat penting bagi kesehatan sel sperma. Namun, ada ribuan vitamin dan mineral berbeda yang berkontribusi pada kesuburan pria, jadi sangat penting untuk memastikan bahwa pasangan pria Anda mendapatkan persediaan yang baik dari semuanya nutrisi.

Jangan Membuat Lingkungan Yang Panas Bagi Sperma

Berbicara tentang kesehatan sel sperma, aspek penting lain dari kesehatan sperma adalah memastikan bahwa testis pasangan pria Anda tidak terlalu panas. Bila sperma menjadi terlalu panas, bisa membunuh sejumlah sel sperma dan menyebabkan banyak masalah dengan kesuburan pria.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk memastikan bahwa pria Anda tidak mengenakan celana ketat atau pakaian ketat lainnya seperti celana pendek ketat sewaktu bersepeda.

Ini bisa menyebabkan testis terlalu panas dan membunuh el sperma. Hal penting lain yang perlu diingat adalah jangan terlalu sering mandi dalam bak air panas, sauna karena semuanya bisa membunuh sel sperma.

Diet dan Olah Raga

Tentu saja, pria yang mengonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga teratur seringkali lebih sehat daripada pria yang tidak melakukan hal-hal ini, jadi sebaiknya Anda melakukan  diet sehat dan cobalah memastikan bahwa pasangan pria anda bergerak aktif. .

Selain itu, penggunaan narkoba, merokok, dan minum alkohol semuanya terbukti memiliki efek merugikan pada jumlah sel sperma, jadi sarankan pasangan pria anda untuk menghentikan kebiasaan buruk ini sebelum Anda serius mencoba untuk hamil.

Tidak hanya semua hal ini akan menyebabkan masalah pada kesuburan pria, tapi bisa juga menimbulkan masalah dalam kehidupan sehari-hari Anda juga, jadi jauhi hal-hal ini.

Keselamatan di Tempat Kerja

Masalah lain yang kurang diketahui, namun tetap serius, bila menyangkut kesuburan pria adalah keamanan di tempat kerja. Mungkin kedengarannya aneh, tapi sebenarnya ada banyak bahan kimia dan racun yang bisa ditemukan di tempat kerja yang bisa memiliki efek merugikan pada sel sperma.

Hal ini terutama berlaku untuk pria yang bekerja di pabrik dan terkena bahan kimia seperti cat, insektisida, onderdil mobil atau barang berbahaya lainnya.

Terutama jika pasangan pria Anda telah lama bekerja di industri yang berbahaya, berhati-hatilah terhadap risiko ini dan pastikan bahwa Anda melakukan semua yang Anda bisa untuk meminimalkan risiko apapun.

Seperti yang bisa Anda lihat, sangat penting untuk memastikan bahwa orang mempersiapkan diri untuk mencoba hamil juga.

Sulit untuk fokus pada kesuburan pria, karena biasanya sebagian besar fokus ketika menyangkut pembuahan adalah pada wanita.

Namun, kesuburan pria pasti penting juga, jadi anda harus berusaha sekuat tenaga untuk membantu pasangan pria anda untuk meningkatkan kesuburan mereka dan mewujudkannya!

  1. Berat Badan Wanita dan Kesuburan

Berat dan kesuburan berjalan beriringan. Banyak orang mengabaikan kebenaran ini dan mengatakan, “si anu gemuk kok, tapi bisa hamilkan”.

Sayang sekali, itu tidak benar, peluang untuk hamil bagi wanita gemuk jauh lebih rendah disbanding wanita dengan berat badan ideal.

Kelebihan berat badan bisa merugikan ketika mencoba hamil. Ini disebabkan karean masalah hormon. Hormon sangat terpengaruh oleh berat badan, dan wanita yang kelebihan berat badan bisa mengalami kesulitan dalam ovulasi.

Ini karena berat badan berlebih menyebbabkan gangguan aliran estrogen yang stabil, yang oleh beberapa ahli dikatakan hampir memiliki efek seperti pil kontrasepsi dosis rendah, sepanjang waktu.

Kelebihan berat badan juga bisa menjadi faktor risiko PCOS, kelainan hormonal dimana tubuh memproduksi terlalu banyak hormon pria, dan bisa mematikan ovulasi.

Ini mungkin pemikiran aneh, tapi ada kabar baik. Dokter mengatakan bahwa meskipun Anda kelebihan berat badan atau obesitas, ada harapan ketika anda mencoba untuk hamil.

Dengan menghilangkan sebanyak lima atau sepuluh kilogram, para ahli sepakat bahwa banyak wanita dapat mengatur ulang hormon mereka dan meningkatkan kesuburan mereka.

Jika Anda kelebihan berat badan dan mencoba untuk hamil, pilihlah untuk mulai menurunkan berat badan beberap kilo secara bertahap.

Solusi ini, bisa membantu anda untuk mengatur ulang hormone tubuh kembali ke jalur yang benar untuk dapat hamil.

Pastikan bahwa Anda memperhatikan berat badan Anda karena ini adalah faktor risiko besar terhadap ketidaksuburan serta masalah kesehatan lainnya.

  1. Berat Badan dan Kesuburan Pria

Hal lain yang penting bagi kesuburan yang jarang dibicarakan adalah berat badan pria dan pengaruh pada kesuburan. Banyak orang tidak menyadari bahwa berat badan pria sama pentingnya dengan wanita saat mencoba untuk hamil.

Obesitas pada umumnya berhubungan dengan kesuburan pria, dan jika seseorang kelebihan berat badan, kemungkinan besar akan membuat sangat sulit baginya untuk menjadi seorang ayah.

Sesuatu yang banyak orang tidak tahu adalah pria dengan ukuran pinggang lebih besar memiliki kadar testosteron lebih rendah, yang berarti lebih sulit bagi mereka untuk menghasilkan sel sperma yang sehat.

Selama bertahun-tahun, kesuburan pria sering diabaikan, tapi sekarang, kita akhirnya mulai melihat penekanan, bagaimana masalah berat badan laki-laki dapat mempengaruhi kesuburan mereka dan sangat penting untuk diperhatikan.

  1. Suplemen Herbal untuk Kesuburan

Dunia suplemen herbal adalah dunia yang luas dan berkembang pesat dalam hal kesuburan. Semakin banyak pasangan yang ingin menggunakan pendekatan “alami” untuk hamil dan kesuburan mereka, dan untuk alasan ini, obat herbal menjadi jauh lebih populer karena fokus banyak pasangan adalah mencoba cara  “alami”.

Bagian terbaik tentang suplemen herbal adalah bahwa mereka alami dan berasal dari tumbuhan dan zat organik lainnya.

Suplemen herbal telah ada selama ratusan, bahkan ribuan tahun, dan telah lama digunakan di zaman kuno sebagai bagian dari Pengobatan Herbal China.

Ada banyak obat herbal yang berbeda di luar sana, Anda benar-benar dapat memilih yang paling sesuai untuk Anda. Anda bahkan dapat menggabungkan suplemen herbal untuk “mencampur dan mencocokkan” dan membuat suplemen kecil buat Anda sendiri.

Ada begitu banyak hal yang bisa Anda coba, tergantung pada kebutuhan khusus Anda sendiri. Sebenarnya bisa sangat banyak untuk memilih ramuan kesuburan mana yang terbaik untuk situasi khusus Anda, jadi pastikan untuk melakukan penelitian dulu mengenai hal ini!

Vitex untuk Kesuburan

Vitex adalah salah satu suplemen yang paling populer di luar sana saat berhubungan dengan pengobatan herbal.

Vitex sangat populer karena tidak mengandung hormon sebenarnya, namun membantu menyeimbangkan dan “menenangkan” hormon tubuh.

Vitex dapat membantu meningkatkan progesteron, mencegah keguguran dan bahkan dapat membantu mengurangi peningkatan endometriosis.

Bagi wanita yang memiliki gejala PMS berat, Vitex bahkan bisa membantu menguranginya. Wanita yang memiliki periode tidak teratur atau hilang juga bisa mendapatkan keuntungan dari Vitex.

Bahkan bisa membantu mengurangi kista ovarium atau rahim. Untuk produksi susu, Vitex bisa membantu merangsang produksi ASI. Bahkan bisa membantu mengurangi munculnya jerawat!

Dong Quai Untuk Kesuburan

Ramuan kesuburan lain yang kuat, Dong Quai adalah salah satu ramuan kesuburan paling kuat yang ada di luar sana.

Ini sebenarnya disebut sebagai tonik darah dan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke organ reproduksi.

Wanita yang tidak memiliki periode atau periode tidak teratur atau tidak ada periode menstruasi sama sekali, benar-benar dapat memanfaatkan Dong Quai.

Herbal ini mendukung aliran darah ke rahim dan memberi nutrisi pada darah, membantu meningkatkan kadar zat besi dan untuk membangun lapisan rahim.

Dong Quai juga bisa membantu wanita yang menderita PMS atau masa-masa yang menyakitkan. Dong Quai tentu merupakan salah satu ramuan kesuburan paling kuat yang ada saat ini.

Daun Raspberry Merah Untuk Kesuburan

Kita semua mengenal buah raspberry, tapi tahukah Anda bahwa daun tanaman raspberry merah sebenarnya sangat bermanfaat bila menyangkut kesuburan?

Raspberry merah sangat bergizi dan mengandung zat besi dan nutrisi lainnya. Ini sangat membantu bila digunakan untuk anemia dan sifat astringentnya dapat membantu memberi makan rahim dan menghentikan pendarahan yang mungkin terjadi.

Prolaps uterus, fibroid, kista dan endometriosis semuanya dapat dibantu oleh daun raspberry merah, dan ini juga merupakan ramuan yang bermanfaat bagi pria.

Anda pasti ingin mencoba daun raspberry merah jika Anda mulai menggunakan ramuan kesuburan.

Maca untuk Kesuburan

Maca adalah akar seperti sayuran yang tumbuh di Peru. Akar super kuat ini bagus untuk tujuan kesuburan dan sudah digunakan sejak tahun 1500an.

Maca tidak mengandung hormon, tapi membantu menyeimbangkan dan menyehatkan hormon dalam tubuh.

Maca sangat bagus untuk menyeimbangkan sistem hormonal dan juga mendukung fungsi seksual berfungsi normal.

Maca jelas merupakan salah satu ramuan yang paling umum digunakan dan populer yang digunakan untuk kesuburan.

White Peony Untuk Kesuburan

White Peony adalah bunga indah yang banyak dinikmati orang. Namun, ramuan ini juga sangat bermanfaat dan berguna untuk kesuburan.

Peony putih sering digunakan untuk periode menstruasi yang menyakitkan, dan juga bisa melancarkan aliran darah ke area panggul. Ini bisa sangat membantu untuk PCOS, fibroid uterus dan endometriosis.

Peony putih juga sangat menyatu dengan ramuan lainnya, dan itu membuatnya sangat berguna.

Sebagai contoh, ketika peony putih dikombinasikan dengan Dong Quai, dapat sangat membantu untuk mengobati nyeri endometriosis dan mengobati anemia juga.

Ramuan ini juga sangat berguna bila dikombinasikan dengan akar licorice, dan berfungsi dengan baik untuk mengurangi ukuran fibroid, dan juga sebagai pengobatan untuk PCOS.

Namun, berhati-hatilah agar jangan pernah menggunakan White Peony selama kehamilan, karena bisa menimbulkan masalah pendarahan.

Ini hanyalah beberapa dari ratusan solusi herbal dan alami yang berbeda untuk masalah kesuburan. Ada begitu banyak perawatan herbal yang berbeda di luar sana dan tidak peduli masalah kesuburan atau masalah apa yang Anda alami, yakinlah bahwa ada obat alami di luar sana untuk Anda.

Jika Anda sangat tertarik dengan suplemen kesuburan alami Pengobatan Herbal China, Anda  harus mencari pakar mengenai masalah ini. Anda akan menemukan bahwa orang-orang yang tahu banyak tentang CHM dan pengobatan herbal yang berbeda akan menjadi sumber bantuan untuk membantu kesuburan.

  1. Kapan Memutuskan Mengunjungi Dokter Untuk Masalah Kesuburan

Pertanyaan umum lainnya yang banyak dimiliki wanita saat mencoba untuk hamil adalah “kapan waktu yang tepat untuk menemui dokter?”

Ini bisa sangat menakutkan jika Anda tidak segera hamil, dan banyak wanita ingin segera keluar dan menemui dokter untuk memastikan mereka memiliki kesempatan terbaik untuk hamil.

Di sisi lain, ada juga banyak wanita di luar sana yang menunggu terlalu lama untuk mencari saran kesuburan dari dokter, karena terkadang bisa menjadi pengalaman menyeramkan dan menegangkan.

Mengetahui kapan harus mencari bantuan profesional sangat penting. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk menemui dokter untuk masalah kesuburan?

Meskipun jelas tidak ada jawaban “sempurna” untuk setiap situasi, para ahli telah menyiapkan beberapa panduan bagi wanita untuk digunakan bila ingin hamil dan mencari bantuan kesuburan.

Bagi wanita di bawah usia 35 tahun yang relatif sehat, dokter menyarankan untuk mencoba satu tahun penuh dengan cara Anda sendiri sebelum mencari bantuan kesuburan.

Setelah satu tahun itu berlalu, dokter mengatakan bisa menjadi ide bagus untuk mencari saran kesuburan dari dokter.

Bagi wanita berusia di atas 35 tahun, dokter mengatakan enam bulan adalah kerangka waktu yang baik untuk mulai berpikir untuk menemui dokter kesuburan.

Wanita yang berusia di atas 35 tahun lebih cenderung mengalami masalah kesuburan, dan waktu adalah bagian penting  dalam hal mengatasi masalah ini, itu sebabkanya jumlah waktu yang disarankan sangat sedikit  untuk wanita berusia di atas 35 tahun.

Kebenaran masalahnya adalah, beberapa wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil, dan butuh waktu hingga setahun sebelum Anda benar-benar harus mulai khawatir tentang masalah kesuburan yang berpotensi membahayakan.

  1. Perawatan Kesuburan Untuk Hamil

Jika akhirnya Anda harus mencari bantuan dokter kesuburan untuk masalah kesuburan, ini bukan saatnya untuk panik.

Sebenarnya, banyak masalah kesuburan cukup ringan dan bisa diatasi dengan sedikit bantuan dari seorang profesional medis.

Hanya karena Anda harus ke dokter bukan alasan untuk khawatir. Bisa saja anda hanya memerlukan sedikit perawatan ringan yang akan menyelesaikan masalah kesuburan anda.

Jika Anda harus mencari bantuan dari dokter kesuburan, itu tidak berarti anda memiliki masalah yang besar dan harus mendapatkan perawatan insentif.

Clomid Untuk Kesuburan

Mungkin obat kesuburan paling umum di pasaran saat ini disebut Clomid. Clomid adalah obat oral yang merangsang ovulasi.

Karena salah satu penyebab masalah kesuburan yang paling umum adalah masalah ovulasi, Clomid adalah salah satu obat yang paling sering diresepkan saat berhubungan dengan kesuburan.

Sudah sekitar bertahun-tahun, dan biasanya bekerja dengan baik.

Faktanya, lebih dari 80 %n wanita yang mulai menggunakan Clomid akan mulai berovulasi karena obatnya. Obat ini super kuat, super ampuh dan biasanya juga diterima dengan baik oleh para wanita yang menggunakannya.

Jika Anda akan menemui dokter kesuburan untuk pertama kalinya dan mereka menduga ada masalah ovulasi, kemungkinan Anda akan memulai dengan Clomid.

Jangan panik dan Anda akan mendapat apa yang diharapkan.

Perawatan Kesuburan Lainnya

Jika Anda harus mencari bantuan dari dokter kesuburan untuk masalah Anda, ada ribuan pilihan berbeda di luar sana untuk membantu Anda bangkit kembali.

Jika Clomid tidak bekerja, atau bukan pilihan untuk Anda, dokter Anda mungkin perlu mencoba sesuatu yang berbeda.

Kadang-kadang, setelah putaran pertama Clomid tidak bekerja, (atau jika dokter Anda tidak menganggap Clomid cocok untuk kebutuhan khusus Anda), dia mungkin akan mencoba obat yang lebih manjur untuk merangsang ovulasi.

Terkadang dokter akan meresepkan gonadotropin setelah Clomid. Ini adalah obat suntik yang jauh lebih kuat dan lebih manjur dibanding Clomid.

Jika obat ini tidak bekerja, jangan khawatir. Dokter memiliki lebih banyak pilihan yang tersedia untuk membantu mengatasi masalah apa pun yang mungkin terjadi dalam kasus Anda.

Assisted Reproductive Technology

Ketika obat-obatan seperti Clomid dan obat-obatan lain tidak bekerja untuk Anda, mungkin ada saatnya Anda dan pasangan Anda perlu mempertimbangkan pilihan lain.

Bidang teknologi reproduksi sudah sangat canggih dan berkembang sepanjang waktu, jadi tidak peduli apa masalahnya, sangat mungkin Anda bisa menemukan sesuatu yang paling sesuai untuk Anda.

Ada begitu banyak pilihan yang tersedia saat ini. Dari donor sperma, sampai perawatan IVF atau surrogacy, sebenarnya ada banyak jalan yang berbeda untuk menjadi orang tua.

Tidak masalah apa yang menjadi masalah Anda, dokter Anda akan dapat membimbing Anda dan memberi Anda gagasan dan pilihan untuk kasus Anda.

Selalu ada cara untuk mencapai impianmu!

  1. Stres dan Kesuburan

Stres adalah aspek lain yang sangat penting dalam hal kesuburan, dan ini adalah salah satu yang biasa diabaikan. Meski kedengarannya aneh, stres bisa berdampak buruk pada kesuburan.

Anda mungkin sudah tahu itu.

Anda pernah mendengar seseorang mengatakan “Ngak usah khawatir karena stress, kamu  akan hamil”, atau “kamu akan hamil saat kamu berhenti mencoba.”

Ini adalah generalisasi pemikiran yang sama, bahwa stres itu berbahaya bagi kesuburan, dan itu adalah kebenaran.

Wanita yang berada di bawah tekanan tinggi cenderung beralih ke alkohol, tembakau dan obat-obatan lainnya sebagai cara menenangkan stres. Wanita-wanita ini juga cenderung tidak berhubungan seks secara teratur.

Bukan itu saja. Stres sebenarnya bisa menyebabkan otak mengirimkan sinyal campuran ke hipotalamus, bagian otak yang bertanggung jawab terhadap sinyal dan regulasi hormon.

Ini juga bagian dari otak yang memberitahu ovarium untuk melepaskan sel telur setiap bulannya.

Karena itu, terlalu banyak stres justru bisa menyebabkan tubuh berhenti berovulasi. Bahkan ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi pada pria juga dapat menyebabkan kadar testosteron lebih rendah dan pada gilirannya, produksi sel sperma yang buruk serta kesehatan sperma yang buruk.

Satu studi yang menunjukkan betapa membantunya menghilangkan stres saat mencoba hamil adalah hal yang mengejutkan.

Sebuah studi Israel benar-benar menunjukkan bahwa wanita yang dihibur oleh badut segera setelah perawatan IVF mereka memiliki peluang lebih besar untuk melakukan perawatan dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukannya.

Ini menunjukkan bahwa tawa, adalah obat yang terbaik untuk kesuburan.

Pernah mendengar ungkapan “tawa adalah obat terbaik”?

Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres agar bisa meningkatkan kesuburan Anda?

  • Tidur Yang Cukup di Malam Hari. Cukup tidur adalah satu hal terpenting yang bisa kita lakukan agar beristirahat dengan baik dan merasa lebih baik di siang hari, namun kebanyakan dari kita lebih suka begadang.
  • Olah raga cara yang benar-benar baik untuk mengurangi tingkat stres dan membuat pembuahan menjadi lebih mudah. Olahraga membantu merilekskan pikiran dan tubuh, sekaligus melepaskan racun selama sesi latihan Anda. Yoga, serta meditasi juga dapat membantu wanita yang mencari pendekatan holistik untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesuburan.
  • Jika Anda merasa stress, cobalah menulis dalam buku diary selama beberapa menit setiap hari, atau berbicara dengan teman atau anggota keluarga tepercaya tentang apa yang sedang terjadi dalam hidup Anda.
  • Pelajari siklus Anda beberapa bulan sebelum Anda mulai mencoba untuk hamil.
  • Pergi ke dokter juga untuk mendapatkan saran.
  • Lakukan seks 3-4 hari sebelum ovulasi sehingga sperma X memiliki kesempatan terbaik untuk bertemu dengan sel telur ketika sperma Y mati.
  • Jika Anda masih merasa terlalu stres, dan Anda pikir itu mungkin berpotensi mempengaruhi kesuburan Anda, Anda mungkin bisa membuat janji untuk berbicara dengan terapis atau konselor.

Terkadang seorang profesional terlatih adalah pilihan tepat untuk membantu Anda mengatasi stres dan memberi dorongan pada kesuburan Anda pada saat bersamaan.

  1. Hubungan dan Kesuburan Anda

Salah satu aspek kesuburan yang paling penting adalah masalah yang tidak pernah dibicarakan namun selalu dipikirkan.

Ini adalah hubungan Anda dengan pasangan atau orang penting lainnya. Saat mencoba hamil bisa menjadi saat yang sangat menggairahkan dan membahagiakan bagi pasangan, juga bisa menjadi waktu yang penuh dengan stres, kekhawatiran dan perjuangan.

Selalu melihat tanggal di kalender, merencanakan seks untuk waktu yang tepat, dan menjalani hidup Anda dengan jadwal yang benar, dapat membuat korban bahkan pasangan paling bahagia sekalipun.

Mencoba untuk hamil, membuat seks menjadi seperti rutinitas, membosankan dan tidak menyenangkan lagi.

Pasangan yang secara aktif berusaha, perlu tetap berpikiran terbuka dan meluangkan waktu untuk fokus pada hubungan mereka selama masa stress ini.

Pasangan yang mencoba untuk hamil perlu memastikan agar komunikasi tetap terbuka selama penantian menuju hamil.

Terkadang, bisa sangat sulit untuk melewati bulan dan bulan (kadang-kadang bahkan bertahun-tahun!) Mencoba untuk hamil tanpa hasil.

Ini bisa menjadi sangat menegangkan. Sangat penting bahwa pasangan untuk membuat waktu berbicara satu sama lain tentang apa pun yang mungkin mereka rasakan saat mereka mencoba untuk hamil.

Jaga agar saluran komunikasi terbuka, dan jika Anda terasa tegang, carilah bantuan dari seorang profesional seperti konselor atau terapis.

Hal yang penting yan harus anda pahami, jangan menjadikan seks sebagai tugas supaya hamil. Artinya, Anda hanya berhubungan seks pada hari-hari subur, dan setelah hari subur lewat, anda saling mengabaikan satu sama lain di hari lain.

Ini bisa menjadi masalah dan menyebabkan perasaan terluka dan permusuhan.

Luangkan waktu untuk menjadi intim dengan pasangan Anda (meski itu bukan masa subur Anda!) Dan jangan membuat setiap interaksi Anda hanya mencoba untuk hamil.

Pastikan untuk meluangkan waktu untuk menikmati malam romantis bersama pasangan Anda, dan pastikan bahwa Anda intim meski Anda tidak berovulasi.

Akan menjadi masalah saat mencoba hamil menjadi “tugas” dan terasa seperti bisnis, jadi luangkan waktu untuk memastikan bahwa Anda tidak membiarkan hal itu terjadi.

  1. Kesimpulan

Seperti yang bisa Anda lihat, ada banyak sekali hal yang perlu dibahas terkait kesuburan dan kemampuan untuk hamil.

Jika Anda berencana untuk mencoba hamil, itu mungkin merupakan keputusan terbesar yang akan Anda buat dalam hidup Anda, dan sangat normal jika Anda ingin mengetahui semua yang Anda bisa dan untuk belajar sebanyak mungkin di sepanjang jalan.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan memberikan anda beberapa gagasan, petunjuk, trik, atau sekadar inspirasi lama untuk membantu Anda sepanjang jalan dan memberikan dorongan yang Anda perlukan untuk terus mencoba.

Jangan pernah menyerah, dan ingatlah bahwa Anda bisa mengatasi rintangan apa pun yang menghalangi Anda untuk mencoba hamil.

Ini bisa menjadi waktu yang benar-benar hebat dan mudah diingat, tapi juga bisa menjadi perjuangan bagi beberapa pasangan.

Anda harus tetap berdiri dan terus bergerak maju, dan tahu bahwa semuanya akan berakhir pada akhirnya.

Jangan takut untuk mencari bantuan jika Anda memerlukan bantuan saat hamil. Ada begitu banyak sumber daya di luar sana.

Entah itu artikel online yang sangat membantu seperti panduan ini, kelompok pendukung atau forum, atau program lokal untuk pasangan yang sedang mencoba untuk hamil, ada sumber daya di luar sana yang dapat membantu Anda.

Selain itu, jangan takut untuk berbicara dengan dokter pribadi atau bidan. Kemungkinan besar mereka mengetahui sejarah keluarga dan riwayat kesehatan pribadi Anda, jadi dokter pribadi Anda bisa menjadi aset yang sangat baik ketika harus mencoba untuk hamil.

Juga, jika Anda memiliki masalah dalam mencoba untuk hamil, jangan takut untuk menghubungi spesialis kesuburan dan melihat apakah ada hal yang dapat membantu Anda untuk mencoba hamil.

Anda tidak sendirian dalam perjalanan Anda, dan itu mungkin adalah bagian terbaik dari mencoba untuk hamil.

Wanita lain yang berjuang untuk hamil hampir seperti keluarga, dan sangat menakjubkan dalam membantu orang lain, memberikan tip dan trik dan dukungan secara keseluruhan.

Jangkau wanita-wanita ini, jadilah bagian dari komunitas ini, dan ini sangat membantu perjalanan Anda.

Semoga sukses dan berharap getaran bayi Anda saat Anda memulai usaha untuk mencoba hamil !