7 Manfaat Zinc Membantu Hormon Wanita

Apakah Bunda mencari solusi sederhana untuk masalah periode menstruasi ? Sebelum Bunda menggunakan suplemen “wanita” seperti Vitex atau maca atau progesteron alami, Bunda sebaiknya mempertimbangkan manfaat Zinc (seng) dalam membantu hormon wanita.

Zinc adalah pengobatan yang efektif untuk jerawat, PCOS, periode menstruasi yang menyakitkan, dan banyak masalah periode datang bulan lainnya.

Selain magnesium, seng adalah suplemen yang sering diresepkan untuk kesehatan wanita.

7 manfaat Zinc

1.Mengatur siklus menstruasi. Zinc memelihara folikel ovarium (telur) dan mendukung ovulasi. Ovulasi yang teratur adalah satu-satunya cara untuk mencapai siklus menstruasi yang teratur dan produksi  dari estrogen dan progesterone yang baik. Ovarium Bunda sangat menyukai Zinc !

Tip ⚠️: Harap menggunakan suplemen Zinc paling tidak selama tiga bulan untuk melihat hasilnya karena folikel ovarium membutuhkan 100 hari untuk bertumbuh.

2. Menghambat kelebihan androgen (testosteron). Zinc menghambat aktivitas yang berlebihan dari enzim 5 alpha-reductase dan mengurangi konversi testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT). Ini adalah salah satu cara mengatasi gejala PCOS seperti jerawat dan hirsutisme (rambut pada wajah). Cara lain  mengobati hirsutisme adalah dengan menghambat kelebihan prolaktin.

Tip ⚠️: Karena melibatkan kerja begitu banyak enzim yang berbeda, Zinc memiliki efek yang berbeda pada orang yang berbeda. Misalnya, mengurangi tingkat tinggi androgen abnormal pada penderita PCOS, tetapi juga dapat meningkatkan androgen ke tingkat yang sehat pada pria dan wanita.

3. Membersihkan kulit. Zinc ini bisa dikatakan sebagai pengobatan sempurna untuk jerawat. Selain memblokir kelebihan androgen, membunuh bakteri dan membuka pori-pori dengan mengurangi produksi keratin. Mineral ini bekerja dengan baik bila dikombinasikan dengan diet anti-jerawat.

4. Mempertahankan kolagen. Zinc mempertahankan integritas kolagen dalam jaringan ikat dan rambut, dan itu sangat baik untuk mengatasi rambut rontok yang berhubungan dengan penyakit tiroid.

5. Mendukung tiroid. Bersama dengan yodium dan selenium, zinc sangat penting untuk sintesis dan aktivasi hormon tiroid. Bahkan, ini saling terkait erat dengan hormon tiroid: Zinc mendukung hormon tiroid, yang, pada gilirannya, meningkatkan penyerapan yang lebih baik dari seng.

6. Menurunkan tingkat kortisol dan respon stres. Zinc sangat penting untuk fungsi dari hippocampus yang sehat, yang merupakan bagian dari otak yang mengatur HPA (hipotalamus-hipofisis-adrenal) axis dan kortisol. (HPA axis lebih akurat disebut HHPA atau sumbu hippocampal-hipotalamus-hipofisis-adrenal).

7. Mengurangi peradangan. Zinc memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, yang mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi. Mineral ini juga merupakan komponen kunci dari protokol pengobatan alami untuk kondisi endometriosis.

Siapa Saja Yang Membutuhkan Zinc ?

Kekurangan Zinc mempengaruhi setidaknya sepertiga dari populasi wanita di dunia (mungkin lebih). Tubuh Bunda tidak dapat menyimpan seng, sehingga Bunda perlu mendapatkannya dari makanan atau suplemen cukup teratur.

Sumber makanan terbaik termasuk tiram dan daging merah, jadi jika Bunda seorang vegetarian, Bunda mungkin akan kekurangan Zinc.

Penyebab lain defisiensi Zinc termasuk alkohol, obat-obatan perut/lambung (masalah pencernaan), KB hormonal, tiroid kurang aktif, dan beberapa jenis obat tekanan darah.

Pengujian Untuk Kekurangan Zinc

Bunda dapat memeriksa kekurangan Zinc dengan test “plasma Zinc” yang murah (kisaran referensi 11-23 umol / L atau 70-150 ug / dL). Ini bukan tes yang sempurna karena sebagian Zinc berada dalam sel, tidak dalam plasma.

Jadi seseorang dengan hasil test ‘normal’ mungkin masih bisa kekurangan Zinc.

Bunda juga harus melihat sejarah (misalnya vegetarian atau penggunaan obat), dan gejala kekurangan  seperti rambut rontok, dermatitis, fungsi kekebalan tubuh terganggu, dan bintik-bintik putih pada kuku.

Dosis dan keamanan

Bunda dapat meresepkan 20-30 mg per hari (atau dosisi yang lebih tinggi untuk penggunaan jangka pendek untuk mengatasi masalah jerawat), dan biasanya digunakan dalam bentuk sitrat atau picolinate digunakan langsung setelah makanan.

Ini digunakan untuk meminimalkan iritasi lambung atau mual yang dapat terjadi akibat penggunaan suplemen Zinc.

Penggunaan suplementasi jangka panjang yang lebih besar dari 80 mg dapat mengganggu metabolisme tembaga dan besi dan dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh dan mungkin hippocampus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.