Cara Meningkatkan Kesuburan Agar Hamil Dengan Diet Kesuburan Alami

Mengubah pola dan jenis makanan adalah salah satu cara meningkatkan kesuburan agar hamil dan untuk  persiapan kehamilan, cara ini sangat berpengaruh dan harus anda lakukan jika anda ingin segera hamil.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa perubahan spesifik pada makanan dapat memperbaiki kesuburan, mencegah keguguran berulang dan mendukung kehamilan yang sehat.

Nutrisi memainkan peran besar dan penting dalam hal membentuk tubuh dan sistem reproduksi yang sehat. Seluruh bahan bangunan untuk hormon ditemukan dalam makanan yang kita makan.

Antioksidan, yang membantu melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas, ditemukan pada makanan yang kita makan.

Sama seperti nutrisi dalam makanan dapat membantu kesuburan, ada beberapa jenis makanan dan bahan kimia yang jika ditambahkan pada makanan dapat membahayakan kesehatan dan kesuburan Anda.

Kebanyakan konsultasi yang dilakukan dengan pakar kesehatan kesuburan, terlepas dari alasan mereka berkonsultasi adalah “seperti apa diet Anda?”. Kebanyakan jawaban para pasangan adalah… “sehat”.

Namun, setelah dijabarkan ternyata pola makan yang mereka anggap “sehat” ternyata jauh sekali dari pola hidup “sehat”…bahkan sebenarnya “sangat buruk” bagi kesuburan.

Pengertian “sehat” bagi masing-masing orang memang berbeda-beda, terlepas dari apa definisi sehat menurut Anda, hari ini saya akan berbagi dengan Anda apa definisi sehat untuk kesuburan, dan seperti apa “sehat” itu seharusnya.

Diet khusus untuk kesuburan akan terlihat berbeda bahkan dibandingkan dengan diet makanan sehat normal.

Pada artikel ini, anda mungkin akan membaca beberapa tips yang agak berbeda atau baru dari pola dan jenis makanan yang mungkin pernah anda dengarkan.

Jangan khawatir, panduan dalama rtikel ini tidak terlalu sulit dan menyenangkan untuk  diterapkan.

Apa itu Diet Kesuburan ?

Lantas apa sebenarnya diet kesuburan itu? Diet Kesuburan Alami adalah cara makan yang benar dan mendukung tubuh Anda dalam usaha memperbaiki system reproduksinya.

Ini adalah makanan yang padat akan nutrisi spesifik yang dibutuhkan untuk fungsi hormonal, produksi dan keseimbangan, perkembangan janin, kesehatan telur, kesehatan sperma, kesehatan darah, dan banyak lagi.

Ini adalah diet yang dirancang untuk membantu tubuh Anda menyeimbangkan masalah kesuburan yang mungkin anda alami, membangun pasokan nutrisi dan menyediakan semua bahan bangunan untuk membentuk anak yang sehat.

Diet Ini juga merupakan diet yang berfokus untuk menyediakan kebutuhan nutrisi buat anda  dan calon anak anda di masa depan.

Mengapa Harus Makan Dengan Diet Kesuburan Alami ?

  • Tahukah Anda bahwa ada nutrisi spesifik yang dibutuhkan oleh janin muda bahkan sebelum Anda dapat mendeteksi kehamilan, dan kekurangan zat gizi ini dapat menyebabkan cacat lahir yang serius?
  • Tahukah Anda bahwa makanan yang Anda makan hari ini berdampak pada kesehatan sel telur dan sel sperma Anda 90 hari dari sekarang?
  • Tahukah Anda bahwa hormon dalam tubuh dibentuk dari bahan makanan yang Anda konsumsi ?
  • Tahukah Anda bahwa pengobatan nomor satu untuk menyeimbangkan PCOS dan hamil meskipun anda menderita PCOS adalah dari makanan?
  • Tahukah Anda bahwa apa yang SEHARUSNYA TIDAK Anda makan sama pentingnya dengan apa yang SEHARUSNYA Anda makan?
  • Tahukah Anda bahwa penyebab nomor satu dari ketidaksuburan adalah anovulasi (kurangnya ovulasi) dan itu sering dapat diatasi dengan perubahan dalam makanan?

Makan dengan Diet Kesuburan Alami adalah sesuatu yang bisa lakukan tanpa mempedulikan lokasi, masalah kesuburan, usia, waktu, dan uang.

Kita semua harus makan, jadi mengapa tidak makan dengan cara yang mendukung kesuburan Anda?

Ilmu Pengetahuan Dibalik Diet Kesuburan Alami

Adanya anjuran melakukan Diet Kesuburan Alami berasal dari akumulasi penelitian ilmiah, pendataan nutrisi, praktik diet dari suku dan masyarakat paling subur sepanjang sejarah, serta praktik diet yang diketahui mengurangi komplikasi selama kehamilan.

Harvard Research (Penelitian Harvard)

Harvard melakukan penelitian baru-baru ini yang menunjukkan penurunan infertilitas 80% dapat dicapai dengan melakukan perubahan gaya hidup yang dilakukan dengan beralih ke diet kesuburan.

Wanita yang mengubah gaya hidup, termasuk mengubah  makanan mereka, mengalami 80 % lebih sedikit risiko infertilitas karena gangguan ovulasi dibandingkan wanita yang tidak melakukan perubahan apa pun, menurut sebuah makalah yang diterbitkan di Obstetri & Ginekologi.

Wanita dengan skor diet kesuburan tertinggi mengkonsumsi lemak trans dan gula dari karbohidrat dalam jumlah sedikit, mengkonsumsi lebih banyak protein dari sayuran yang berasal dari hewan, mengkonsumsi lebih banyak serat dan zat besi, mengkonsumsi lebih banyak multivitamin, memiliki indeks massa tubuh lebih rendah (BMI), berolahraga dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dan yang lebih mengejutkan mereka biasanya mengkonsumsi lebih banyak produk susu berlemak tinggi yang berasal dari susu organik bukan produk susu rendah lemak buatan pabrik.

Dr. Weston Price dan Dr. Brewer

Diet Kesuburan Alami juga memasukkan penelitian dari Dr. Weston Price dan Dr. Brewer. Rekomendasi Dr. Weston Price didasarkan pada makanan tradisional yang dikonsumsi oleh  manusia paling subur, sebelum makanan industry masuk ke masyarakat.

Diet dari Dr. Brewer telah terbukti mengurangi risiko komplikasi kehamilan, khususnya preeklampsia.

Penelitian ini mempromosikan diet yang memiliki banyak kandungan protein, mineral, kalsium dan minyak sehat.

Praktek Makanan Mengandung Nutrisi Alami untuk Penyembuhan

Makan Dengan Diet Kesuburan telah menciptakan makanan untuk membantu bukan hanya untuk membuat tubuh kenyang, tetapi juga member nutrisi kepada tubuh.

Bila tubuh diberi makan dengan nutrisi yang optimal dan menghindari makanan yang tidak sehat, maka tubuh kemudian bisa memperbaiki dan membangun kembali dirinya sendiri.

Hal ini sangat membantu untuk meningkatkan kesuburan, apalagi jika ada masalah ketidakseimbangan atau fertilitas yang mendasarinya.

Sel-sel di dalam tubuh terus-menerus mati dan sel baru diciptakan untuk menggantikan sel-sel tua.

Hal ini terjadi di setiap organ, otot, jaringan, dan sebagainya dari tubuh secara konstan. Bahan  bangunan dari sel baru ini disediakan dari makanan yang Anda konsumsi.

Diet Kesuburan Alami juga dirancang untuk membantu menopang tubuh sehat yang pada gilirannya dapat menyembuhkan dirinya sendiri dan menciptakan sel yang lebih sehat.

Manfaat Makan Dengan Pola Diet Kesuburan Alami

1. Menyediakan antioksidan, vitamin dan mineral yang membantu melindungi kesehatan sel telur dan sel sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Membantu tubuh menjaga keseimbangan hormon dengan menyediakan lemak yang dibutuhkan untuk produksi dan fungsi hormon.

3. Menyediakan tubuh dengan kelimpahan vitamin, mineral, antioksidan dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk kesehatan yang optimal.

4. Dapat menurunkan kemungkinan terjadinya keguguran karena resistensi insulin dan kerusakan radikal bebas terhadap ova (telur), sperma dan DNA.

5. Membantu menyediakan pasokan nutrisi penting untuk kehamilan.

6. Mendukung sistem reproduksi yang sehat.

7. Meningkatkan energi dan vitalitas.

Panduan Nutrisi Diet Kesuburan Alami

Makanlah banyak sayuran dan buah organik

Makanan organik baik untuk kesuburan. Produk makanan dari pabrikan mengandung herbisida dan pestisida berbahaya yang telah terbukti berdampak negatif pada kesuburan pria dan wanita.

Penelitian juga menunjukkan sayuran dan buah organik memiliki nilai gizi yang lebih tinggi.

Makanlah daging dari hewan organik, diberi makan rumput, lemak utuh, susu mentah organic.

Susu organik, dari hewan yang diberi makan rumput, lemak utuh, susu mentah adalah pilihan terbaik dari sumber susu.

Perhatikan, bahwa makanan olahan susu seperti susu bubuk dan keju mungkin tidak cocok bagi  tubuh.

Dalam beberapa kasus masalah kesuburan seperti PCOS dan Endometriosis, makanan olahan susu dapat memperburuk ketidakseimbangan hormon.

Amati bagaimana respon tubuh Anda.

Susu yang tidak organik harus dihindari karena mengandung tambahan hormon dan antibiotik yang dapat berkontribusi pada peningkatan kadar estrogen dalam tubuh.

Ada banyak alternatif sehat untuk produk susu seperti almond segar atau susu rami.

Usahakan untuk makan sebagian besar ikan sungai

Pasokan asam lemak esensial dalam ikan sangat penting (omega 3) untuk makanan kita. Asam lemak ini membantu produksi hormon, mengurangi peradangan, dan membantu mengatur siklus haid.

Ikan juga merupakan sumber protein dan vitamin A.

Hindari ikan air besar seperti tuna, ikan todak, dan ikan bass Chili karena kandungan merkuri tinggi, dan fokus pada ikan sungai atau ikan laut yang berpopulasi di air dingin seperti ikan salmon, ikan cod.

Jika memilih salmon, hindari ikan salmon Atlantik utara dan pilih salmon liar sebagai gantinya. Salmon hasil ternakan mengandung antibiotik dan pewarna makanan beracun.

Pilihlah daging hewan organic yang diberi makan rumput

Ternak yang dibesarkan secara modern mengandung hormon dan antibiotik yang ditambahkan melalui makanan dan obat yang dapat menyebabkan peningkatan kadar estrogen dalam tubuhi.

Sementara, daging hewan yang diberi makan rumput, merupakan sumber asam lemak esensial yang baik, rendah lemak jenuh, dan merupakan sumber protein yang hebat.

Namun, jika Anda menderita endometriosis Anda mungkin lebih baik mengurangi jumlah daging merah dalam makanan anda sesuai dengan penelitian yang menunjukkan hubungan antara tingginya konsumsi daging merah dan endometriosis.

Pilih hanya ayam kampung yang dipelihara dengan bebas

Ayam yang dipelihara secara modern di pelihara dalam kondisi perumahan yang tidak bersih dan sempit dan diberi makan makanan non-organik (pellet) dan sering kali dimodifikasi secara genetik.

Saat berbelanja ayam, cari yang ayam kampung saja. Idealnya beli dari peternak ayam kampung atau dari tetangga yang memelihara ayam kampung.

Makan hanya biji-bijian alami saja yang masih utuh

Biji-bijian utuh dipenuhi serat, vitamin penting, dan sifat pendukung kekebalan tubuh. Serat penting untuk membantu tubuh menyingkirkan kelebihan hormon dan membantu menjaga keseimbangan gula darah.

Hindari makanan tepung atau gula putih dan biji-bijian olahan roti putih, pasta semolina, dan nasi putih.

Gunakan beras merah, quinoa.

Makan makanan berserat tinggi setiap kali makan

Serat membantu mengatur kadar gula darah yang membantu mengurangi masalah kesuburan seperti PCOS, masalah imunologi, dan meningkatkan keseimbangan hormonal yang sehat.

Beberapa contoh makanan berserat tinggi adalah buah-buahan, sayuran, sayuran berdaun gelap, dan kacang-kacangan.

Jangan konsumsi kedelai dalam bentuk apapun kecuali yang sudah difermentasi seperti miso dan tempe

Kedelai telah terbukti mengandung sifat meniru estrogen. Cara terbaik adalah menghindari makanan kedelai olahan seperti susu kedelai, burger kedelai, bubuk protein kedelai, keripik kedelai, daging kedelai, dan keju kedelai untuk menghindari dampak negatif pada keseimbangan hormon Anda.

Jika Anda menderita hipotiroidisme, hindari kedelai secara total.

Hindari gula halus atau jus buah kemasan (kecuali jika diberi jus segar)

Jus yang dipasteurisasi seperti jus apel botol, jus jeruk, dan jus buah dalam kemasan lainnya mengandung gula pekat, yang dapat membuang kadar gula darah Anda melonjak naik tak terkendali dan memberi efek negatif pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Juga hindari gula olahan dan buatan.

Beberapa alternatif terbaik adalah daun stevia, madu asli.

Minum banyak air bersih

Pastikan untuk minum air bersih setidaknya setengah dari berat badan Anda, air yang dimurnikan atau disaring setiap hari.

Cara terbaik adalah menghindari air kemasan yang dikemas dalam botol plastik karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon karena bahan kimia dalam plastic yang meniru estrogen.

Air terbaik untuk dipilih adalah reverse osmosis dan suling. Hindari air keran, karena banyak penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa air keran dicampur dengan pestisida berbahaya dari limbah pertanian.

Nutrisi Penting untuk Kesuburan

Semua nutrisi penting untuk kesehatan, namun ada beberapa yang secara khusus terbukti memiliki dampak langsung pada kesuburan.

Berikut adalah daftar nutrisi dan makanan yang dapat Anda temukan di dalamnya.

Micronutrients

Antioksidan, Vitamin & Mineral untuk Kesuburan

 Vitamin D :  Vitamin D diperlukan untuk membantu tubuh menciptakan hormon seks yang pada gilirannya mempengaruhi ovulasi dan keseimbangan hormon.

Yale University School of Medicine melakukan penelitian terhadap 67 wanita tidak subur, di mana ditemukan bahwa hanya 7% yang memiliki kadar vitamin D normal.

Sumber makanan: Telur, ikan berlemak, susu, dan minyak ikan cod. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dengan duduk di bawah sinar matahari selama 15 sampai 20 menit per hari, namun penyerapan tergantung pada seberapa gelap kulit anda.

 Vitamin E:  Vitamin E telah diketahui dalam penelitian untuk meningkatkan kesehatan sperma dan motilitas pada pria.

Studi juga menunjukkan kekurangan diet pada Vitamin E menjadi penyebab infertilitas pada tikus.

Arti nama untuk vitamin E ‘Tokoferol’ secara harfiah berarti melahirkan muda. Vitamin E juga merupakan antioksidan penting untuk membantu melindungi integritas DNA sperma dan telur.

Sumber makanan: Biji bunga matahari, kacang almond, buah zaitun, bayam, pepaya, sayuran berdaun gelap.

 CoQ10:   Diperlukan untuk setiap sel dalam tubuh untuk produksi energi, CoQ10 juga telah ketahui dalam penelitian untuk meningkatkan kesehatan ovum (telur) dan kesehatan sperma. Ini diperlukan untuk motilitas sperma dalam air mani.

Ini juga merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas; Melindungi DNA

Sumber makanan: Ditemukan di makanan laut dan daging organ, meski sangat sulit didapat melalui makanan. Maka, suplementasi Ubiquinol CoQ10 adalah cara terbaik untuk mendapatkan CoQ10.

Jumlah dalam tubuh menurun seiring bertambahnya usia.

 Vitamin C:   Vitamin C meningkatkan kadar hormon dan meningkatkan kesuburan pada wanita dengan defek fase luteal, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Fertility and Sterility.

Sedangkan untuk pria, vitamin C telah terbukti memperbaiki kualitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan DNA; Membantu mengurangi kemungkinan keguguran dan masalah kromosom.

Vitamin C juga berfungsi untuk menjaga agar sperma tidak menggumpal bersama, membuat mereka lebih motil.

Sumber makanan: Berlimpah pada tanaman dan buah-buahan termasuk paprika merah, brokoli, cranberry, kol, kentang, tomat, dan buah sitrus.

 Lipoic Acid:  Asam lipoat adalah antioksidan yang sangat penting karena tidak hanya membantu melindungi organ reproduksi wanita dan telah terbukti dapat meningkatkan kualitas dan motilitas sperma, namun juga membantu tubuh untuk terus menggunakan kembali antioksidan dalam tubuh.

Sumber makanan: Dalam jumlah kecil ditemukan pada kentang, bayam dan daging merah.

 B6:  Vitamin B6 bisa digunakan sebagai pengatur hormon. Ini juga membantu mengatur gula darah, mengurangi PMS, dan mungkin berguna untuk menghilangkan gejala morning sickness.

B6 juga telah terbukti membantu pada Luteal Phase Defect.

Sumber makanan: Tuna, pisang, kalkun, hati, salmon, cod, bayam, paprika, dan lobak hijau, sayuran collard, bawang putih, kembang kol, sawi, seledri, kol, asparagus, brokoli, kangkung, kubis Brussel, chard.

 B12:  Vitamin B12 telah terbukti dapat meningkatkan kualitas dan produksi sperma. Ini juga dapat membantu meningkatkan lapisan endometrium dalam fertilisasi telur, mengurangi kemungkinan keguguran.

Beberapa penelitian menemukan bahwa kekurangan B12 dapat meningkatkan kemungkinan ovulasi tidak teratur, dan pada kasus yang parah menghentikan ovulasi sama sekali.

Sumber makanan: Kerang, tiram, hati, kaviar (telur ikan), ikan, kepiting, lobster, daging sapi, domba, keju, telur.

 Asam Folat / Folat:  Mungkin salah satu vitamin yang paling dikenal yang dibutuhkan untuk kehamilan adalah asam folat, bentuk suplemen umum folat alami, banyak terdapat pada makanan.

Vitamin ini membantu mencegah cacat tabung saraf serta cacat jantung bawaan, bibir sumbing, cacat anggota tubuh, dan anomali saluran kemih dalam masa pertumbuhan janin.

Kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko persalinan prematur, retardasi pertumbuhan janin dan berat lahir rendah.

Kekurangan juga dapat meningkatkan kadar homocysteine ​​dalam darah, yang dapat menyebabkan aborsi spontan dan komplikasi kehamilan, seperti abrupsio plasenta dan preeklampsia.

Sumber makanan folat: hati, kacang lentil, kacang pinto, kacang garbanzo, asparagus, bayam, kacang hitam, kacang navy, kacang merah.

 Besi:  Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang tidak mendapatkan cukup zat besi mungkin mengalami anovulasi (kekurangan ovulasi) dan kesehatan telur yang mungkin buruk, yang dapat menghambat kehamilan 60% lebih tinggi daripada mereka yang memiliki cukup persediaan besi dalam darah mereka.

Sumber makanan: Lentil, bayam, biji wijen, kacang merah, biji labu (mentah), daging rusa, kacang garbanzo, kacang navy, molase, daging sapi.

 Selenium:  Selenium adalah antioksidan yang membantu melindungi telur dan sperma dari radikal bebas.

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan kromosom yang dikenal sebagai penyebab keguguran dan cacat lahir.

Selenium juga diperlukan untuk pembuatan sperma.

Dalam penelitian, pria dengan jumlah sperma rendah juga ditemukan memiliki tingkat selenium yang rendah.

Sumber makanan: Hati, kakap, ikan cod, halibut, tuna, salmon, sarden, udang, jamur crimini, kalkun, kacang Brasil (kacang yang mengandung hampir 100% RDA untuk selenium).

 Seng:  Pada wanita, seng bekerja dengan lebih dari 300 enzim berbeda dalam tubuh untuk menjaga agar segala sesuatunya bekerja dengan baik.

Tanpa seng, sel Anda tidak bisa membelah dengan benar; Tingkat estrogen dan progesteron Anda bisa tidak seimbang dan sistem reproduksi Anda mungkin tidak berfungsi sepenuhnya.

Tingkat seng yang rendah telah dikaitkan langsung dengan keguguran pada tahap awal kehamilan, menurut The Centers for Disease Control’s Assisted Reproductive Technology Report.

Pada pria, seng dianggap sebagai salah satu mineral paling penting sampai saat ini untuk kesuburan pria; Peningkatan kadar seng pada pria tidak subur telah terbukti dapat meningkatkan tingkat sperma; Memperbaiki bentuk, fungsi dan kualitas sperma pria dan mengurangi infertilitas pria.

Sumber makanan: Sapi hati, tiram, daging sapi, domba, daging rusa, biji wijen, biji labu, yoghurt, kalkun, kacang hijau, udang.

Seng bisa rusak dalam proses memasak sehingga penting untuk makan beberapa makanan tinggi seng dalam bentuk mentahnya.

 Asam Lemak Esensial:  Asam omega-3 telah terbukti membantu kesuburan dengan membantu mengatur hormon dalam tubuh, meningkatkan lendir serviks, meningkatkan ovulasi dan memperbaiki kualitas rahim secara keseluruhan dengan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

Lemak omega-3 juga mengandung dua asam yang sangat penting untuk kesehatan yang baik: DHA dan EPA.

Kedua asam ini terbukti membantu mengatasi banyak bentuk penyakit.

Tingkat DHA rendah telah dikaitkan dengan depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Selama kehamilan, kekurangan DHA dapat dikaitkan dengan kelahiran prematur, berat lahir rendah dan hiperaktif pada anak-anak.

Sumber makanan: Biji rami, kenari, salmon, sarden, halibut, udang, kakap, kerang, biji chia.

Macronutrients

Selain nutrisi mikro, nutrisi makro juga penting. Mendapatkan cukup protein, serat, lemak, karbohidrat, dll juga sangat penting.

Ini adalah saat untuk menyediakan gizi dan menyediakan pasokan bahan bangunan untuk tubuh Anda dalam persiapan untuk pembuahan.

Makanan yang harus difokuskan pada Diet Kesuburan Alami adalah makanan padat nutrisi yang membantu memberikan hal berikut:

 Lemak  : Berbagai macam lemak sangat penting untuk kesuburan dan perkembangan janin. Bukan hanya asam lemak esensial yang penting, tapi lemak jenuh dan kolesterol juga penting.

Kolesterol adalah pendahulu untuk semua hormon yang diproduksi di dalam tubuh, termasuk progesteron.

Pastikan anda mendapatkan dari makanan yang tepat seperti minyak kelapa murni, daging yang diberi makan rumput, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian dan hindari minyak terhidrogenasi dan minyak nabati yang dimasak dengan panas tinggi.

 Protein :  Mengkonsumsi jumlah protein yang sehat dari berbagai sumber merupakan bagian penting dari diet kesuburan yang sehat karena asam amino merupakan bahan bangunan untuk sel-sel di dalam tubuh.

Pastikan untuk memasukkan kedua sumber hewani dan sumber protein nabati setiap hari.

 Serat :  Serat membantu membantu tubuh menyingkirkan hormone estrogen dan xenohormon yang berlebih di dalam sistem tubuh dan membuat saluran pencernaan Anda berfungsi dengan baik.

Makanan Penting Khusus untuk Kesuburan

Lihatlah makanan yang disebutkan di bawah ini dan Anda akan mulai memperhatikan bahwa semua makanan ini mengandung nutrisi yang padat, artinya mereka mengandung banyak nutrisi per porsi.

Makanan ini juga merupakan makanan yang paling melimpah nutrisi yang disebutkan di bagian Nutrisi Kesuburan dari panduan ini.

Telur – Vitamin D, B12, Protein

Pastikan untuk menggunakan telur organik yang masih segar dan memiliki kuning yang cerah di dalam. Harganya mungkin agak mahal, tapi sepadan karena mengandung lebih banyak nutrisi dan lebih bersih dari telur pabrik dari ayam petelor.

Beberapa tempat terbaik untuk menemukan telur berkualitas, cari di pasar-pasar tradisional atau dari peternak ayam kampung.

Kacang-kacangan dan Benih – Omega 3, Seng, Vitamin E, Protein

Makan kacang dan biji dalam bentuk mentah karena asam lemak esensial dan seng sensitif terhadap panas dan bisa hancur jika dimasak.

Saya akan memberikan contoh sejumlah kacang-kacangan dan biji-bijian dan kadungan gizinya sebagai contoh bagi anda.

Benih dan kacang terbaik dengan kandungan omega 3 adalah:

Kenari – ¼ mangkuk = 2,270mg

Biji rami – 2 sdm = 3,510mg

Biji rami – 3 sdm = 3.000 mg

Benih Chia – 1sdm = 2.300mg

Benih dan kacang terbaik untuk seng adalah:

Labu – ¼ mangkuk  = 2.7mg

Sesame – ¼ mangkuk = 2.8mg

Benih dan kacang terbaik untuk vitamin E adalah:

Biji Bunga Matahari – ¼ mangkuk = 18.10mg

Almond – ¼ mangkuk = 8.97mg

Benih dan kacang terbaik untuk besi adalah:

Biji labu – ¼ mangkuk = 5,16mg

Biji wijen – ¼ mangkuk = 5.24mg

Daging yang diberi makan rumput – Omega 3, Besi, B12, Protein

Daging yang diberi makan rumput berasal dari hewan yang telah merumput di padang rumput atau di lading dan hanya memakan rumput segar untuk sebagian besar hidup mereka.

Daging ini memiliki sedikit lemak dan memiliki rasa sedikit lebih kuat daripada daging yang diberi makan jagung, namun memberi nutrisi lebih banyak karena hewan tersebut telah makan makanan alami.

Daging yang diberi makan rumput tinggi omega 3, dan dibesarkan tanpa penggunaan antibiotik dan hormon.

Daging yang berasal dari peternakan, yang dijual di mall mengandung lebih tinggi omega 6 (kita sudah mendapatkan terlalu banyak omega 6) dan dibesarkan dengan jagung transgenik yang menggemukkannya, tapi bukan makanan alami mereka (makanan transgenik telah dikaitkan dengan ketidaksuburan).

Mereka juga diberi makan hormon dan antibiotik secara teratur yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan sistem kekebalan tubuh Anda jika anda mengkonsumsi daging hewan ini.

Sayuran berdaun gelap – Besi, asam folat, B6, Vitamin E

Sayuran berdaun gelap itu menganudng mineral, antioksidan dan vitamin penting untuk kesehatan kesuburan.

Contoh sayuran hijau berdaun hijau adalah bayam, Swiss chard, kangkung.

Buah – Vitamin C, Flavonoid, Ragam antioksidan

Buah adalah makanan yang paling tinggi antioksidan per porsi. Beberapa buah yang paling tinggi dalam antioksidan adalah plum, delima, kismis, blueberry dan stroberi.

Ingat bahwa antioksidan itu peka panas, sehingga untuk mendapatkan manfaatnya makan buah segar, matang dan mentah.

Sayuran berwarna – B6, Vitamin C

Warna sayuran akan memberi tahu Anda nutrisi dan manfaat apa yang akan diberikan untuk tubuh Anda.

Misalnya sayuran yang berwarna merah atau hijau tinggi vitamin C.

Sayuran yang berwarna oranye memiliki kandungan vitamin A.

Sayuran putih cenderung memiliki belerang, dll.

Cara termudah untuk mendapatkan banyak nutrisi  adalah dengan makan sayuran berbagai macam warna.

Pastikan Anda makan aneka warna setiap hari. Cara termudah untuk melakukannya adalah makan salad, tumis atau jus sayuran segar setiap hari.

Ikan  – Vitamin D, Omega 3, Seng, Selenium, B12, CoQ10

Ikan dan kerang adalah beberapa makanan padat nutrisi yang bisa kita makan. Ikan menyediakan banyak sekali asam lemak esensial, vitamin D, seng, B12, selenium dan CoQ10.

Jika Anda khawatir dengan sumber air ikan yang anda makan Anda bisa memasukkan suplemen minyak ikan cod yang dimurnikan ke dalam makanan Anda.

Cobalah untuk menghindari ikan hasil keramba karena tidak akan memiliki omega 3 dalam jumlah tinggi dan diberi pakan mengandung antibiotik.

Hati – Vitamin D, Seng, Selenium, Besi, Asam Folat, B12, CoQ10

Hati adalah salah satu makanan yang padat nutrisi dan paling berharga yang tersedia.

Hati sangat tinggi vitamin D, seng, zat besi, asam folat dan B12.

Misalnya saja, hanya 4 ons sudah memenuhi lebih dari 200% kebutuhan Asam Folat harian Anda.

Lentil dan kacang lainnya – Besi, Asam Folat

Lentil adalah sumber zat besi tertinggi kedua dari semua makanan dan sumber asam folat tertinggi kedua.

Hanya 1 cangkir kacang lentil yang dimasak sudah memenuhi 90% kebutuhan asam folat harian Anda.

Kacang-kacangan lain yang juga mengandung nutirisi asam folat adalah kacang garbanzo dan kacang pinto mengikuti di belakang.

Susu mentah organik  – Vitamin D, B12, Seng

Susu mentah pada dasarnya adalah produk susu yang belum dipasteurisasi (proses pemananasan untuk mensterilkan susu), sehingga susu masih memiliki enzim penting dan nutrisi halus yang utuh.

Selain itu, susu mentah berasal dari sapi yang diberi makan rumput/padang rumput dan tidak menerima hormon atau antibiotik.

Banyak sekali manfaat susu organic mentah yang tidak akan cukup jika dijabarkan dalam panduan ini, susu mentah organic SANGAT AMAN untuk diminum, ketahuilah bahwa ini susu organic adalah makanan yang sangat berbeda dari susu yang tersedia di toko-toko atau dari pabrik susu.

Saya menyadari bahwa banyak negara bagian tidak menjual susu mentah di toko. Anda bisa mendapatkan susu mentah langsung dari peternak.

Susu bisa menjadi makanan yang bermanfaat bagi beberapa orang yang menjalankan diet kesuburan – bagi mereka yang membutuhkan sumber protein yang mudah, kurang gizi dan dapat mentolerir susu.

Ada beberapa kasus dimana susu harus dihindari; Contoh dimana ada stagnasi di tubuh seperti kasus endometriosis atau jika Anda memiliki alergi terhadapnya.

Bagaimana dengan biji-bijian

Ada hubungan dengan infertilitas bagi mereka yang memiliki intoleransi terhadap gluten dan juga kemungkinan adanya infertilitas dan kandungan imunologis.

Pada beberapa orang, biji-bijian tidak menjadi masalah, namun jika Anda telah menjalan banyak perubahan pola makan namun belum melihat hasilnya, anda mungkin bisa mengkoreksi bagian ini.

Biji-bijian dan biji-bijian yang bebas gluten (bayam, beras, quinoa, soba, millet, dll.) Adalah pilihan tepat dan cenderung lebih padat dari pada biji-bijian umum yang biasa kita makan.

Makanan yang harus dihindari

Gula, soda & jus pasteurisasi (kemasan)

Jus yang dipasteurisasi seperti jus apel dalam kemasan, jus jeruk, dan jus buah dalam kemasan lainnya mengandung gula pekat, yang dapat menaikkan tingkat gula darah Anda secara tidak terkendali dan memberi efek negatif pada sistem kekebalan dan keseimbangan hormon Anda.

Juga hindari gula olahan / olahan dan buatan. Beberapa alternatif bagus adalah daun stevia, madu murni .

Kafein

Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat mempengaruhi keseimbangan hormon Anda, meningkatkan peluang keguguran dan mencegah Anda berovulasi.

Kedelai

Kedelai telah terbukti mengandung sifat meniru estrogen. Cara terbaik adalah menghindari makanan kedelai olahan seperti susu kedelai, burger kedelai, bubuk protein kedelai, keripik kedelai, daging kedelai, dan keju kedelai untuk menghindari dampak negatif pada keseimbangan hormon Anda.

Baik pria maupun wanita dipengaruhi oleh kedelai.

Makanan transgenik

Genetically Modified Foods (GMO)menjadi masalah besar dalam hal kesuburan, menyebabkan meningktnya masalah infertilitas di seluruh dunia.

Sejak tahun 1970 saja, jumlah sperma di antara populasi pria dunia telah menurun sebanyak 40-50%, menurut beberapa penelitian.

Makanan transgenik bisa jadi salah satu alasannya. Carilah label yang tidak diobservasi GMO (lihat kanan) pada makanan yang Anda beli dan pilih makanan organik kapan pun Anda bisa. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang transgenik dan kesuburan …

Makanan Bebas Lemak

Makanan yang diubah menjadi lemak trans atau bebas lemak diproses dengan suhu tinggi. Saat memilih makanan selalu memilih makanan sesuai keinginan.

Susu tinggi lemak adalah salah satu contoh makanan yang meningkatkan kesuburan, hal ini sesuai dengan penelitian, dibandingkan susu rendah lemak.

Sekali lagi, tubuh membutuhkan lemak untuk menghasilkan hormon.

Cara Makan Diet Kesuburan Alami

Berikut adalah daftar makanan harian dan mingguan untuk membantu Anda memulai melakukan pola makan diet kesuburan alami.

Jangan merasa terbebani ketika menjalani pola makan ini.

Jika perlu, buat perubahan secara perlahan, panduan 21 hari program hamil akan membantu anda untuk memulai pola makan dengan diet kesuburan.

Pola Makan Harian

1 Mangkuk Salad Sayuran Berdaun Hijau

1 Jus Sayuran Segar (12 ons) atau 2 porsi Sayuran (buatlah berwarna-warni)

1 porsi makanan yang kaya akan lemak omega 3 EFA

1-2 Telur Kampung

1 Mangkuk Kacang-kacangan

1-3 Porsi buah

1 Porsi Makanan Dengan Super food

Gunakan Minyak Kelapa Murni (VCO) setiap hari

Biji-bijian utuh

Air

Mingguan

Lentil atau Kacang-kacangan 2x seminggu

Daging Merah Dari Hewan Organik / Ayam Kampung 3x seminggu

Hati 1x seminggu

Menu contoh

Bangun: 1 liter air

Sarapan pagi: Telur + kacang hijau

Snack: Smoothie buah/ pisang, kurma, bubuk protein spirulina, maca & susu organic pilihan

Makan siang: Sayuran tumis, nasi dan biji wijen di atasnya

Snack: Jus hijau dengan seledri, bayam, apel, jahe, mentimun

Makan malam: Saus daging sapi dengan wortel, lentil & brokoli

Tips dan Trik …

Sayuran

Tip untuk mendapatkan banyak manfaat dari sayuran berdaun hijau ke dalam makanan Anda adalah dengan membuat jus sayuran. Dengan jus Anda bisa mendapatkan banyak sayuran (lebih dari yang Anda bisa makan) dalam bentuk yang mudah, cepat, dan lezat.

Jika Anda mengkomsumsi satu porsi jus hijau per hari, maka anda sudah mendapatkan pasokan sayur yang cukup.

Sayuran hijau berdaun gelap

Cara terbaik untuk mendapatkan pasokan nutrisi dari sayuran sayuran berdaun hijau ke dalam makanan Anda, terutama jika Anda tidak menyukai sayuran adalah dengan menambahkan ke dalam smoothies atau jus Anda.

Jika Anda menambahkan beberapa bayam atau kangkung ke smoothie buah, Anda tidak akan merasakan rasa langu lagi.

Tip lainnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa saat memasak sayuran berdaun gelap, rasanya akan menjadi enak.

Jika Anda menderita hipotiroidisme pastikan hanya makan sayuran hijau.

Buah

Cara favorit untuk mendapatkan porsi buah pada siang hari adalah dengan meminum smoothie kesuburan.

Anda bisa mencampurkan buah kaya antioksidan favorit Anda dengan beberapa bahan lain dan makanan pengganti kesuburan, kacang-kacangan / minyak dan beberapa protein..

Telur

Jadilah kreatif dan tambahkan telur segar ke smoothie, nasi goreng, omelet, mudah, dll.

Hati

Temukan resep untuk mencampurkan hati kedalam menu makanan sekali seminggu. Anda juga bisa menambahkan saus atau sambal ke hati yang anda masak.

Super Food Untuk Kesuburan

Super food harus menjadi bagian dari setiap diet kesuburan bagi setiap pasangan untuk membantu menjembatani kekurangan nutrisi, memberi makan telur dan sperma, dan membantu menyeimbangkan hormon.

Cara mudah untuk menambahkan superfood ke dalam makanan Anda setiap hari adalah dengan meminum smoothies kesuburan.

Berikut 3 jenis super food yang harus Anda ketahui:

Maca

Maca adalah super food yang bagus dari Peru yang membantu menyeimbangkan hormon, meningkatkan kesehatan telur, meningkatkan jumlah sperma dan kesehatan sperma sekaligus menjadi tonik untuk sistem endokrin.

Maca juga membantu meningkatkan progesteron jika tubuh rendah hormon penting ini. Maca biasanya dalam bentuk kapsul, bubuk dan tingtur.

Maca bisa diminum setiap hari.

Royal Jelly

Royal jelly adalah super food yang dapat membantu meningkatkan kesehatan telur dan kesuburan umum.

Royal jelly adalah makanan yang diberikan kepada ratu lebah yang menjadikannya ratu lebah. Ratu lebah mampu 6 tahun dan menghasilkan sampai 2000 telur per hari.

Sementara lebah biasa hanya hidup kurang dari dua bulan.

Royal Jelly kaya vitamin, A, B, C, D, dan E. Royal jelly juga mengandung mineral termasuk kalsium dan zat besi, semua asam amino esensial, ditambah sifat antibakteri dan kekebalan.

Biasanya dijual dalam bentuk kapsul atau campuran madu.

Bisa diminum setiap hari.

Bee Propolis dan Bee Pollen

Bee propolis dan bee pollen adalah dua super food dari lebah. Makanan ini kaya nutrisi.

Bee pollen mengandung protein 50% lebih banyak daripada daging sapi dan kaya akan setiap vitamin dan mineral.

Bee Propolis adalah stimulan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan peradangan. Ini juga membantu wanita yang menderita endometriosis.

Bee propolis dan Bee Pollen tersedia dalam bentuk kapsul atau campuran madu. Bisa dikonsumsi setiap hari.

Pertanyaan & Jawaban Seputar Diet Kesuburan

Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar diet kesuburan memiliki efek?

Sel memiliki siklus yang tetap untuk memperbarui diri mereka di dalam tubuh.

Diet kesuburan berdampak pada seluruh tubuh termasuk pencernaan, keseimbangan hormonal, kesehatan telur, kesehatan haid, dan keseimbangan sistem kekebalan tubuh.

Agar kesehatan dan penyembuhannya benar terjadi, dibutuhkan beberapa waktu bagi tubuh untuk bergeser dan melakukan perubahan.

Anda harus benar-benar disipling dan menjalankan panduan dengan benar saat memulai diet kesuburan, namun jika anda menginginkan jangka panjang, maka diet kesuburan perlu menjadi bagian baru gaya hidup dan kehidupan sehari-hari Anda.

Bisakah saya tetap hamil jika saya vegetarian atau vegan?

Tentu saja Anda bisa. Tapi, jika Anda mengalami masalah kesuburan, Anda mungkin perlu memeriksa apakah anda kekurangan gizi dari vitamin yang larut dalam lemak serta B12, zat besi dan seng yang banyak ditemukan pada makanan hewani.

Selain itu, akan lebih baik jika anda tidak mengonsumsi makanan pengganti daging olahan yang berasal dari kedelai karena kedelai merupakan makanan anti-kesuburan yang kontroversial.

Jika Anda vegetarian, maka anda bisa memasukkan sebanyak mungkin menu berikut terutama susu mentah, telur, minyak kelapa dan sayuran berdaun gelap, sebagai sumber protein.

Bisakah saya makan daging pada makanan kesuburan?

Ya Anda bisa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *