Apa Pengaruh Susu Terhadap Menstruasi

Banyak wanita yang dulunya mengalami rasa sakit ketika mendapatkan menstruasi, menjadi lebih baik ketika berhenti meminum susu. Banyak juga penelitian yang sudah mengetahui pengaruh susu terhadap menstruasi.

Berhenti mengkonsumsi susu dapat secara dramatis mengurangi rasa sakit ketika menstruasi, mengalami menstruasi yang berat, endometriosis, jerawat, dan PMS.

Menghentikan susu dapat memperbaiki masalah periode menstruasi, tapi tidak selalu begitu. Ini juga tergantung pada orang, dan itu tergantung pada jenis susunya.

Ada masalah apa dengan susu ?

 Ini bukan karena kandungan lemak

Ketika berbicara masalah ovulasi dan kesehatan menstruasi, lemak adalah bagian terbaik dari susu. Bahkan, susu tinggi kandungan lemak lebih baik daripada susu dengan kandungan rendah lemak untuk ovulasi dan kesuburan.

Ini bukan karena kandungan laktosa

Laktosa adalah gula dalam susu, kandungan ini sangat suit untuk dicerna jika tubuh Bunda tidak membuat cukup laktase (enzim untuk mencerna laktosa).

Intoleransi laktosa menyebabkan diare dan kembung pada pencernaan, tetapi tidak menyebabkan masalah jangka panjang.

Beralih ke produk susu bebas laktosa mungkin membantu pencernaan Bunda, tetapi tidak akan membantu rasa sakit pada saat periode menstruasi Bunda.

Ini mungkin masalah hormon

Susu secara alami mengandung sejumlah kecil dari sekitar lebih dari enam puluh hormon yang berbeda termasuk testosteron, progesteron, insulin, dan hormon pertumbuhan kuat yang disebut IGF-1.

Ada perdebatan tentang berapa banyak kita terpengaruh oleh hormon eksternal dalam dosisi kecil.

Beberapa ahli percaya bahwa hormon susu inilah yang mempengaruhi kita, dan telah menghubungkan hormon ini dengan peningkatan risiko kanker prostat dan jerawat.

Ini mungkin karena inflamasi yang disebabkan kasein A1

Masalah terbesar dari susu adalah protein yang disebut kasein A1. Pada beberapa orang, A1 membelah kasein dalam saluran pencernaan untuk membentuk opiat-jenis molekul ampuh (disebut casomorphin atau BCM7) yang merangsang inflamasi histamin dan sitokin.

Dan peradangan yang mendalam inilah yang mengganggu periode menstruasi bunda

Tidak setiap orang

Untungnya, kasein A1 tidak menyebabkan peradangan untuk semua orang. Beberapa orang tidak memiliki enzim pencernaan yang mencerna kasein A1, sehingga mereka tidak membentuk BCM7.

Tapi bagaimana caranya Bunda bisa tahu?

Nah, pada tahap ini, tidak ada tes mudah yang bisa dilakukan . Ada tes urine untuk BCM7, tapi itu belum tersedia untuk penggunaan klinis.

Untuk menilai masalah kasein, Bunda bisa mencari gejala kecil seperti riwayat infeksi berulang tonsilitis, dada atau telinga.

Ini adalah tanda-tanda gangguan kekebalan akibat kasein di masa kecil. Gejala kasein berubah untuk masalah orang dewasa seperti infeksi dada dan nyeri periode menstruasi yang berulang.

Untuk mendeteksi jika  bunda sensitive terhadap kasein, cobalah utuk menghindari susu

Cara terbaik untuk mendeteksi masalah kasein adalah dengan menghindari untuk setidaknya tiga bulan (bahkan lebih lama jika bunda memiliki masalah dengan jerawat).

Ini adalah waktu yang dibutuhkan oleh sistem hormonal Bunda untuk pulih dari efek inflamasi susu.

Pertimbangakn untuk menghindari susu jika Bunda menderita salah satu atau lebih dari masalah periode menstruasi berikut ini :

  • Periode menstruasi terasa sakit
  • Periode menstruasi terasa berat (terutama pada remaja)
  • Fibroid
  • Endometriosis
  • Jerawat
  • PMS

Apakah Bunda perlu susu untuk mendapatkan kalsium?

Banyak orang berpikiran terlalu sederhana :

Susu mengandung kalsium, jadi susu baik untuk tulang.

Ide yang bagus, tapi cara kerja tubuh untuk memenuhi pasokan kalsium tulang tidaklah seperti itu.

Sebuah penelitian besar terbaru menunjukkan bahwa para peminum susu tidak memiliki tulang yang lebih baik.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum susu justru memiliki tulang yang lebih buruk.

Itu masuk akal ketika kita mengetahui bahhwa susu adalah penyebab peradangan, dan peradangan merupakan penyebab utama osteoporosis.

Ada banyak sumber lain pemasok kalsium termasuk sayuran hijau, almond, salmon dengan tulang, dan tentu saja: Kambing dan produk susu domba.

Alternatif pengganti susu

Bunda mungkin dapat memilih susu kambing atau susu domba sebagai pengganti susu sapi.

Bunda bisa juga mencoba alternatif seperti susu almond dan susu beras, tetapi Bunda harus  menghindari susu kedelai atau bunda dapat mencoba tidak usah minum susu.

Kesimpulan tentang susu dan periode mesntruasi

Saya bukanlah termasuk anti-susu. Saya sendiri telah menemukan masalah pada kasein A1. Susu memiliki manfaat. Ini adalah makanan yang menyenangkan dan memberikan nutrisi yang bermanfaat seperti protein dan vitamin K2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.